Breaking News:

Ramadan 2021

Sedang Sakit Apakah Boleh Berpuasa?

Hal-hal yang disyari'atkan diantaranya sakit, berpergian jauh (musafir), lansia (tidak mampu) dan ibu hamil atau menyusui yang dikawatirkan mengganggu

(Shutterstock)
Ilustrasi sakit 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sedang sakit apakah boleh berpuasa? Begini penjelasannya.

Tribunners :
Assalamualaikum Pak, saya sedang sakit. Vertigo dan darah tinggi. Bangun pusing, mau muntah, kepala sangat sakit dan mata kabur. Umur 55. Bolehkah tidak puasa?
Marni
08956134××××

Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto :
Menunaikan ibadah puasa di bulan ramadan merupakan kewajiban diri seorang muslim. Sungguh pun menjadi kewajiban, Allah yang Maha Adil, memberikan kemurahan bagi seorang muslim untuk meninggalkan puasa (tidak berpuasa).

Hal-hal yang disyari'atkan diantaranya sakit, berpergian jauh (musafir), lansia (tidak mampu) dan ibu hamil atau menyusui yang dikawatirkan mengganggu kesehatan janin atau bayi.

Sakit vertigo dan darah tinggi sehingga setiap bangun seperti ingin muntah lebih baik membatalkan puasa, karena suatu perintah Allah SWT kita jalankan sekemampuannya.

Baca juga: Hukum Menonton Film Dewasa di Malam Bulan Ramadhan, Apa Saja yang Membatalkan Puasa ?

Sebagaiman Firman Allah "Bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu” (QS. At-Taghabun: 16).

Demikian pula pada hadist Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, "Apa yang aku larang untukmu, maka jauhilah. Dan apa yang aku perintahkan untukmu, maka kerjakanlah menurut kesanggupanmu”
Dari ayat dan hadist diatas dapat dijadikan rujukan bahwa mengingat ada gangguan kesehatan menjadi alasan yang dibenarkan untuk membatalkan (tidak puasa) dengan catatan diganti di bulan lain.

Seperti Allah berfirman dalam Surat Al Baqarah 184 : " Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain." Semoga kita semua selalu dikaruniai nikmat sehat dan dijauhkan dari wabah dan penyakit, sehingga bisa ibadah dengan tertib dan lancar. Aamiin. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved