Breaking News:

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Berkati Pastoran St Paulus dari Salib Kuasi Mandor

Mgr Agustinus Agus memberkati Rumah Pastoran St Paulus Mandor yang masih dalam kuasi Paroki Mandor.

Penulis: Stefanus Akim | Editor: Stefanus Akim
IST/Komsos KAP
USKUP Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus dan Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa meninjau Pastoran St Paulus dari Salib Mandor pada Rabu sore, 14 April 2021. 

CITIZEN REPORTER
Oleh: Samuel | Komsos Keuskupan Agung Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus memberkati Rumah Pastoran St Paulus Mandor yang masih dalam kuasi Paroki Mandor. Acara peresmian dan pemberkatan Pastoran St Paulus dari Salib Mandor dilaksanakan pada Rabu sore, 14 April 2021 dihadiri oleh sejumlah umat. Kuasi sendiri memiliki makna, perubahan status dari stasi berubah menjadi paroki. Atau, bisa pula pemekaran untuk paroki baru.

Kegiatan sore itu dimeriahkan dengan tarian adat oleh Orang Muda Katolik (OMK) dan koor gabungan Kuasi Paroki Mandor dalam ibadat sabda pemberkatan Pastoran St Paulus dari Salib.

Kegiatan dimulai pukul 16.00 WIB serta dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa beserta jajarannya. Acara didahului dengan sambutan dari ketua panitia peresmian, Pastor Paroki dan Bupati Landak. Dilanjutkan dengan pemberkatan oleh Mgr Agustinus Agus yang dipimpin dalam ibadat sabda kemudian pemercikan air kudus ke seluruh sudut ruangan.

Pastoran yang diberkati dan diresmikan tersebut memiliki luas sebesar 445 meter persegi. Dengan rincian untuk lantai satu seluas 335,5 meter persegi dan untuk lantai dua seluas 109,5 meter persegi.

Pembangunan Sembilan Bulan
Upacara pemberkatan Pastoran Kuasi Paroki Santo Paulus dari Salib Mandor dimulai di luar Pastoran. Umat berkumpul di halaman.

Dalam kata pengantarnya, Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus mengungkapkan syukur karena bisa meresmikan dan memberkati pastoran baru yang akan ditempati oleh dua pastor Passionis yang berkarya di Keuskupan Agung Pontianak.

Sehingga saat ini di Keuskupan Agung Pontianak sudah ada tiga paroki yang dikelola oleh Kongregasi Passionis, yaitu Paroki St Hyeronimus Tanjung Hulu, Paroki St Fidelis Sungai Ambawang dan Pastoran Kuasi Paroki Santo Paulus dari Salib Mandor.

Ketua Panitia, Heribertus Neri, mengungkapkan pada 10 Juli 2020 yang lalu di tempat itu juga telah dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung pastoran. Kemudian pada Rabu, 14 April 2021 merupakan momen sembilan bulan gedung pastoran dapat berdiri dan diresmikan.

Ia mengisahkan bahwa tepat sembilan bulan layaknya seorang ibu yang mau melahirkan akhirnya sekarang sudah diberkati dan diresmikannya Pastoran St Paulus dari Salib Mandor.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved