Breaking News:

Bupati Erlina Harap Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Memperkuat Pembudayaan Hidup Bersih dan Sehat

Bupati Mempawah, Erlina menyebutkan, pembangunan kesehatan meliputi berbagai sektor, diantaranya adalah sektor penyehatan lingkungan upaya dalam pemba

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Mempawah, Erlina, membuka Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Bupati Mempawah, Erlina, membuka Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mempawah Convention Center (MCC), Selasa 6 April 2021.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah, OPD terkait, Tim Penggerak PKK Kabupaten Mempawah, Camat se-Kabupaten Mempawah, Forkopimcam, Kepala Desa Penibung dan Kuala Secapah, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Mempawah dan Para Tokoh Masyarakat.

Tujuan kegiatan tersebut adalah memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat, yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Bupati Mempawah, Erlina menyebutkan, pembangunan kesehatan meliputi berbagai sektor, diantaranya adalah sektor penyehatan lingkungan upaya dalam pembangunan kesehatan yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

"STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan," katanya, Rabu 7 April 2021.

Dikatakannya strategi tersebut disusun dalam rangka memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat, mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan, meningkatkan kemampuan masyarakat.

Serta mengimplementasikan komitmen pemerintah untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi dasar yang berkesinambungan.

Baca juga: Aswan Ghazali Sebut Sektor Pertanian Merupakan Bagian Penting dari Perekonomian Masyarakat

"Dampak yang diinginkan STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, salah satu dari indikator output (keluaran) STBM adalah setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar, sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat dan inilah yang dimaksud dengan ODF (Open Defecation Free).

Halaman
12
Penulis: Ramadhan
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved