Breaking News:

 Apakah Vaksin Dibulan Membatalkan Puasa Ramadan

Bahwa vaksinasi yang dilakukan secara injeksi atau suntik diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa sepanjang tidak berbahaya.

TRIBUN PONTIANAK/File Tribun
Ketua MUI Prov Kalbar Drs. HM. Basri Har 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Halo Bun, mohon informasinya. Apakah vaksin membatalkan puasa pada Bulan Ramadhan. Mohon informasinya, apakah sudah ada edaran resmi dari Majelis Ulama Indonesia.

Terima kasih

08535561xxxx

Halo, terima kasih atas pertanyaan yang sudah diberikan kepada kami. Berdasarkan Fakwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 13 tahun 2021 Tentang Hukum vaksinasi covid-19 pada saat berpuasa.

Bahwa vaksinasi yang dilakukan secara injeksi atau suntik diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa sepanjang tidak berbahaya.

Baca juga: Apakah Ada Penularan Covid-19 di Sekolah, Berikut Penjelasannya

Dalam Surat Edaran itu juga, MUI merekomendasikan bahwa Pemerintah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 pada saat bulan Ramadhan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa.

Kemudian, Pemerintah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap umat Islam pada malam hari bulan Ramadhan jika proses vaksinasi pada siang hari saat berpuasa dikhawatirkan menyebabkan bahaya akibat lemahnya kondisi fisik

Dan Umat Islam wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah untuk mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah Covid-19

Dr. Hasan Basri, HAR

Ketua Majelis Ulama Indonesia Kalimantan Barat

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved