Hasil Job Fit Pejabat Eselon II Sudah Disampaikan ke Komisi ASN Sejak Februari 2021

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau Herkulanus HP menyampaikan bahwa Nama-nama terseb

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau Herkulanus HP 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau Herkulanus HP menyampaikan bahwa Nama-nama hasil uji kesesuaian kualifikasi dan kompetensi atau Job fit untuk pengisian dan rotasi jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II yang lowong di lingkungan Pemkab Sanggau sudah disampaikan ke Komisi ASN di Jakarta pada Februari 2021 lalu. 
Namun hingga saat ini Komisi ASN belum memberikan persetujuan. 

"Belum ada persetujuan dari Komisi ASN. Sedang ditelusuri apakah ada berkas yang kurang, Sehingga belum diproses persetujuannya,"katanya melalui telpon selulernya, Minggu 21 Maret 2021.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau Herkulanus HP menyampaikan bahwa Nama-nama tersebut sudah disampaikan ke Komisi ASN di Jakarta pada Februari 2021. 

Kendati begitu, Herkulanus belum bisa menyampaikan format Nama-nama yang disampaikan ke Komisi ASN lantaran bersifat rahasia. 

Baca juga: Agar Capai Herd Immunity, Segini Jumlah Warga Kabupaten Sanggau yang Harus Divaksin

"Belum bisa dirilis karena sifatnya masih rahasia sebelum ditetapkan oleh bupati setelah ada rekomendasi dari Komisi ASN. Formatnya satu nama peserta uji kompetensi direkomendasikan pansel (Panitia seleksi) untuk menduduki satu dari tiga opsi jabatan kepala perangkat daerah,"katanya belum lama ini.

Herkulanus menegaskan, Komisi ASN tidak mengintervensi dalam menetapkan Nama-nama untuk menduduki jabatan pada perangkat daerah yang direkomendasikan Pansel. 

Komisi ASN hanya sebatas memverifikasi dan menelaah apakah pelaksanaan uji kompetensi tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Job fit ini bisa untuk mengisi yang lowong, Bisa juga untuk rotasi atau mutasi antar sesama kepala perangkat daerah. Nanti hak prerogatif bupati yang memutuskan setelah mendapat persetujuan Komisi ASN,"ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau Herkulanus HP menyampaikan bahwa sebanyak 25 pejabat pimpinan tinggi pratama (Eselon II) dilingkungan Pemkab Sanggau akan mengikuti kegiatan Uji Kompetensi (Job Fit). Kegiatan dimulai sejak tanggal 15 Februari 2021.

Sebagai informasi saat ini terdapat 7 jabatan kepala Perangkat Daerah yang lowong yaitu Dinas Kesehatan, BPKAD, Dinas Porapar, DPM Pemdes, Dishangpang Hortikan, Inspektorat, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved