Breaking News:

Karhutla Diduga Dilahan Konsesi, Ini Kata Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar

Memang, kata dia, banyak hotspot yang terindikasi di konsesi setelah verifikasi di lapangan ternyata berada di luar konsesi dekat tapi di luar.

TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Barat, Heronimus Hero. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero memastikan pihaknya telah mewanti-wanti serta mengingatkan agar perusahaan tidak melakukan karhutla.

"Sudah, sudah tegas pemprov secara sinergi melakukan antisipasi sekaligus penegakan hukum terkait Karhutla," katanya, Rabu 3 Maret 2021.

Dikatakan Hero, untuk penegakan hukum harus dengan pembuktian yang harus akurat dan verifikasi lapangan.

Memang, kata dia, banyak hotspot yang terindikasi di konsesi setelah verifikasi di lapangan ternyata berada di luar konsesi dekat tapi di luar.

Namun di luar konsesi, ia mengatakan jika pemerintah tetap minta perusahaan melalui regu pemadam perusahaan terdekat untuk bantu mengendalikannya.

Baca juga: Satgas Karhutla Jongkat Padamkan Api di Dua Kabupaten Tempuh Puluhan Kilometer

"Artinya kepedulian perusahaan tetap kita dorong untuk menjaga areal sekitar konsesinya karena mereka punya sarana prasarana dan SDM yang cukup lengkap," kata Hero.

Lebih lanjut dikatakan Hero, jika positif kebakaran terjadi di konsesi perkebunan maka penegakan hukum dari LHK pasti akan dilakukan.

"Peringatan dini sudah kita sampaikan ke seluruh kepala daerah dan ke seluruh perusahaan agar memasuki musim kemarau untuk lebih intensif mengantisipasi karhutla di konsesi masing masing serta ikut menjaga lahan disekitar konsesinya," tutup Heronimus. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved