Breaking News:

Pemkab Sekadau Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa Bagi Aparatur Pemerintah Desa dan Kecamatan

Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang peran dan fungsi kecamatan dalam memberikan pembinaan kepada pemerintah desa di kecamatan terutama dalam

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Plh Bupati Sekadau Frans Zeno dan Kepala Dinas PMD Sekadau Bayu Dwi Harsono. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Pemerintah Kabupaten Sekadau, melaksanakan pelatihan bagi aparatur pemerintah desa dalam bidang pengelolahan keuangan desa tahun 2021, yang dimulai sejak 24-25 Februari 2021 di ruang serbaguna Kantor Bupati Sekadau.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sekadau, Bayu Dwi Harsono mengatakan kegiatan itu dimaksudkan untuk mewujudkan asas pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang peran dan fungsi kecamatan dalam memberikan pembinaan kepada pemerintah desa di kecamatan terutama dalam hal pengelolaan keuangan desa.

Serta memberikan pemahaman kepada para perangkat desa di dalam pengelolaan keuangan desa dapat dilaksanakan dengan tertib, baik penganggaran, penatausahaan dan pertanggungjawaban anggaran di desa masing-masing.

Baca juga: BPBD Sebut Ada 4 Aspek Pencegahan dan Pengendalian Karhutla di Kabupaten Sekadau

"Narasumber dan pelatih ini adalah Kepala Dinas PMD, kepala bidang administrasi pemerintahan desa, serta staff dan pejabat DPMD bidang administrasi pemerintahan desa," kata Bayu.

Adapun materi dalam pelatihan itu terbagi menjadi tiga, yakni Kebijakan pengelolaan keuangan desa, asas-asas pengelolaan keuangan desa, dan implementasi aplikasi siskeudes.

Dengan peserta yang terdiri dari kepala seksi administrasi pemerintahan desa, kecamatan atau staf kecamatan yang membidangi urusan admistrasi Pemerintah Desa. Serta perangkat desa yang membidangi operator siskeudes di desa masing-masing. (*)

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved