Breaking News:

Ponpes Darul Ulum Berencana Buka Agrowisata, Daniel Johan Siap Bantu Kawal

Diterangkan Gus Ra'uf, Ponpes Darul Ulum ada lahan sekitar 21 hektar, dan yang dibangun kawasan pendidikan baru 7-8 hektar.

TRIBUNPONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Wakil Ketua Yayasan Ponpes Darul Ulum, Gus Ra'uf Arrahbini bersama Pendamping penataan kawasan budi daya Ponpes Darul Ulum, Heri Mustari yang juga pengurus Gerbang Tani Kalbar saat meninjau lokasi di Ponpes Darul Ulum, Kubu Raya, Kalbar, Minggu 21 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya, Provinsi Kalbar berencana untuk membuat agrowisata disekitaran Pondok Pesantren.

Penataan kawasan wisata tersebut merupakan satu diantara inovasi Pengurus Ponpes Darul Ulum untuk memberdayakan lahan kosong dan sekaligus untuk potensi perekonomian di ponpes sendiri.

"Penataan lahan kosong diponpes darul ulum sehingga bisa bermanfaat untuk menghidupkan ekonomi pesantren," kata Wakil Ketua Yayasan Ponpes Darul Ulum, Gus Ra'uf Arrahbini, Minggu 21 Februari 2021.

Diterangkan Gus Ra'uf, Ponpes Darul Ulum ada lahan sekitar 21 hektar, dan yang dibangun kawasan pendidikan baru 7-8 hektar.

"Sisa lahannya dicoba untuk kegiatan pertanian dan perikanan yang produktif, seperti alpukat, lengkeng, durian montong, jambu-jambuan, kebun koleksi buah-buahan," jelas Gus Ra'uf.

Baca juga: PPKR Gelar Dialog Publik, Rozi Pararozi : Kepong Bakol Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Lanjut dikatakannya, kebun atau agrowisata juga bisa untuk edukasi cinta lingkungan, pangan, budidaya tanaman kepada santri dan masyarakat.

Pendamping penataan kawasan budi daya Ponpes Darul Ulum, Heri Mustari menerangkan jika lahan dari Ponpes Darul Ulum ini akan coba penataan beberapa bulan kedepan.

"Beberapa bulan kedepan akan mulai kita tata, mungkin setahun dua tahun sudah ada yang bisa kita panen," jelas Pengurus Gerbang Tani Kalbar ini.

Penataan agrowisata Ponpes Darul Ulum ini pun mendapat sambutan baik dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dapil Kalbar 1, Daniel Johan.

Menurut Daniel, upaya ataupun inovasi dari Ponpes Darul Ulum nantinya bisa jadi percontohan di Indonesia.

"Kita setuju banget, bisa dijadikan percontohan, sekaligus sebagai bagian dari pendidikan untuk para santri, bagaimana menata lingkungan yang asri, belajar bercocoktanam yang baik, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para santri maupun belajar pemasaran bila ada lebih produksi," kata Daniel.

Ia pun menerangkan akan mengawal jika memang ada program usulan dari Ponpes Darul Ulum untuk pengembangan agrowisata tersebut.

"Tinggal ajukan proposal nanti saya kawal," kata Daniel Johan. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved