Breaking News:

Kronologi Pencurian Kabel Milik PLTD Jongkat

Dari hasil keterangan satu pelaku yang berhasil di bekuk, tidak butuh waktu lama kedua rekan pelaku juga berhasil di bekuk unit Reskrim Polsek Siantan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Unit Reskrim Polsek Siantan berhasil membekuk tiga pemuda pelaku pencurian kabel milik Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Jongkat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Unit Reskrim Polsek Siantan berhasil membekuk tiga pemuda pelaku pencurian kabel milik Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Jongkat, pada Minggu 14 Februari 2021, sekitar pukul 14.30 WIB.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Paur Humas BRIPKA Susworo Putu Sastro, membenarkan kejadian tersebut.

"Ya benar, sudah dilakukan penangkapan terhadap tiga pemuda yang melakukan pencurian kabel milik PLTD Jongkat. Ketiga pelaku tersebut yakni MU (30) dan FP (17) warga Desa Jungkat, serta RSP (19) warga Desa Sungai Nipah, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah," jelasnya saat dikonfirmasi Tribun, Senin 15 Februari 2021.

Susworo lantas menjelaskan, kejadian tersebut pertama kali diketahui Mat Syarif, salah satu warga Desa Jungkat yang melaporkan kejadian tersebut ke pihak Kepolisian.

Baca juga: Prihatin Dengan Nasib Nelayan di Jungkat, Kapolsek Siantan Serahkan Bantuan

Pelapor melihat ada sepeda motor, dan melihat 2 orang yang tidak dikenali sedang mengupas kabel dibelakang tangki minyak.

"Kejadian tersebut diketahui Mat Syarif, dan seketika langsung meneriaki ketiga pelaku, sontak pelaku panik dan lari, tetapi Mat Syarif berhasil menangkap satu diantara pelaku, lalu membawanya ke Mapolsek Siantan," jelasnya.

Dari hasil keterangan satu pelaku yang berhasil di bekuk, tidak butuh waktu lama kedua rekan pelaku juga berhasil di bekuk unit Reskrim Polsek Siantan.

"Dari keterangan pelaku yang berhasil diamankan, maka kedua rekannya juga berhasil diamankan oleh Unit Reskrim Polsek Siantan," bebernya.

Lanjut setelah itu, Susworo menjelaskan, atas kejadian tersebut, diungkap bahwa pihak PLTD banyak mengalami kerugian.

"Atas perbuatan ketiga pelaku tersebut, pihak PLTD mengalami kerugian sebesar Rp15 juta," jelasnya lagi.

Susworo juga mengatakan, dari ketiga pelaku juga diamankan beberapa barang bukti.

"Adapun barang bukti yang diamankan yakni 1unit Sepeda motor, 1 buah Kunci Multifungsi, 1 gulung tembaga, 3 gulung kulit kabel warna hitam, 2 gulung kulit kabel warna putih, 1 gulung kabel yang belum terkupas, dan 1 buah Karung plastik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Susworo menjelaskan untuk ketiga pelaku sekarang sudah diamankan di Mapolsek Siantan untuk dimintai keterangan, dan mempertanggungjawabkan segala perbuatannya. (*)

Penulis: Ramadhan
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved