Breaking News:

PT Jasa Raharja Kalbar

Jasa Raharja Kalbar Sebut Kemudahan Pembayaran Online PKB dan SWDKLLJ Tingkatkan Penerimaan Pajak

Dalam rapat tersebut dibahas mengenai strategi efektif yang dapat mendukung optimalisasi penerimaan pendapatan PKB maupun premi asuransi SWDKLLJ.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Rapat pembahasan evaluasi pelayanan e-Samsat Provinsi Kalimantan Barat, Senin, 15 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Lupa belum melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)? Tidak perlu khawatir, karena sudah hadir layanan pembayaran pajak melalui e-Samsat Provinsi Kalbar.

Sejak tahun 2018, pembayaran dapat dilakukan secara mandiri di ATM Bank Kalbar. Wajib pajak juga bisa langsung menikmati kemudahan cek tagihan PKB melalui Aplikasi Samsat Kalbar yang dapat diunduh melalui Google PlayStore.

Fitur layanan ini tersedia berkat kerjasama Tim Pembina Samsat Provinsi Kalbar yaitu Badan Pendapatan Daerah Kalbar, Jasa Raharja Kalbar, Ditlantas Polda Kalbar, dan Bank Kalbar, untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran PKB dan premi Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Jasa Raharja.

Baca juga: Cegah Laka Lantas, Personel Satlantas dan Jasa Raharja Cabang Bengkayang Pasang Spanduk Imbauan

Sehingga wajib pajak tidak perlu lagi antre di Kantor Samsat karena pembayaran PKB dapat dilakukan melalui e-Samsat di ATM maupun teller Bank Kalbar terdekat.

Bertempat di Ruang Rapat Samsat Pontianak 1, telah berlangsung rapat pembahasan evaluasi pelayanan e-Samsat Provinsi Kalimantan Barat, Senin, 15 Februari 2021. Rapat dipimpin oleh Kasubdit Regiden Kompol Tommy mewakili Dirlantas Polda Kalbar selaku Koordinator Tim Pembina Samsat Provinsi Kalbar.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Cabang Jasa Raharja Kalbar, Regy S. Wijaya, Kabid Pajak Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalbar, Alvian, dan yang mewakili Kepala Bapenda Provinsi Kalbar, serta Divisi Treasury Bank Pembangunan Daerah Kalbar, Sutarno.

Dalam rapat tersebut dibahas mengenai strategi efektif yang dapat mendukung optimalisasi penerimaan pendapatan PKB maupun premi asuransi SWDKLLJ.

Baca juga: LBJR Jasa Raharja Karir ! Daftar Petugas Administrasi Bidang Sekretariat Kantor Cabang Jasa Raharja

Apalagi di masa pandemi Covid-19, peran pembayaran transaksi online banking menjadi pilihan masyarakat karena dapat meminimalisir aktivitas di luar rumah guna menghindari penularan virus Covid-19.

“Sosialisasi penggunaan ATM Bank Kalbar perlu lebih ditingkatkan baik di media sosial, elektronik, social network, maupun pemasangan petunjuk seperti brosur, poster, flyer, sign holder di teller bank maupun di ATM untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Kalbar. Serta dirasa perlu untuk menambahkan fasilitas layanan e-Samsat ini di ATM Bank lainnya sehingga kemudahan ini bisa dirasakan oleh seluruh nasabah bank yang ada di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, kerjasama dengan bank lainnya perlu disiasati untuk memperluas layanan e-Samsat ini," papar Regy.

Setelah wajib pajak melakukan pembayaran di ATM maupun di teller, nantinya wajib pajak akan mendapatkan bukti / slip pembayaran yang harus ditukarkan dengan Notis Surat Keterangan Pajak Daerah di Kantor/Gerai Samsat terdekat. Batas waktu penukaran slip pembayaran yang diberikan adalah sampai dengan 30 hari.

Baca juga: lbjr.jasaraharja.co.id LBJR Login! Apa Itu LBJR Jasa Raharja? Syarat LBJR Langkah Bakti Jasa Raharja

Halaman
12
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved