Breaking News:

Cegah Karhutla, Ini yang Dilakukan Kapolres Fauzan di Jungkat

Kapolres Fauzan menanyakan terkait aktivitas perusahaan, serta langkah-langkah yang telah dilakukan pihak perusahaan dalam penanganan karhutla

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melakukan pengecekan sarana, prasarana dan langkah-langkah pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Jongkat, Senin 15 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melakukan pengecekan sarana, prasarana dan langkah-langkah pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Jongkat, Senin 15 Februari 2021.

Inspeksi Kapolres ini, dipusatkan di Mapolsek Siantan, dihadiri para pejabat utama (PJU) Polres Mempawah, Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, Manajer PT. Mitra Andalan Sejahtera (MAS), Sugeng Santoso dan Humas PT. MAS, Gandung Mujianto.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Fauzan menanyakan terkait aktivitas perusahaan, serta langkah-langkah yang telah dilakukan pihak perusahaan dalam penanganan dan menanggulangi karhutla di Kecamatan Jongkat.

“Pihak perusahaan menjelaskan, sudah menyiapkan sarana dan prasarana dalam upaya penanganan dan menanggulangi karhutla, baik yang terjadi di dalam lokasi perusahaan, maupun di lahan masyarakat yang berdekatan dengan wilayah kerja perusahaan,” ujar Kapolres.

Baca juga: Kronologi Pencurian Kabel Milik PLTD Jongkat

Kemudian diakui Kapolres Manajemen PT. MAS juga mengungkapkan, pihaknya telah membentuk Satuan Tugas Anti Api (SANTI).

“Pihak perusahaan sudah sudah menyiapkan satgas yang setiap saat dapat diturunkan ke lapangan apabila terdapat laporan munculnya titik api atau hotspot,” tuturnya.

Sementara itu Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, mengatakan, dalam kunjungan tersebut, Kapolres Fauzan Sukmawansyah dan rombongan, turut melakukan pengecekan sarana dan prasarana yang dimiliki perusahaan.

“Kunjungan kerja Bapak Kapolres Mempawah ke Jongkat adalah untuk memastikan kesiapan peralatan yang akan dipergunakan dalam menangani karhutla. Apalagi, akhir-akhir ini kawasan Kecamatan Jongkat minim hujan, sehingga potensi karhutla harus diantisipasi sejak dini,” ujar Kapolsek.

Diakuinya pula Kapolres juga menekankan kepada Polsek Siantan untuk memperkuat koordinasi dengan instansi terkait, serta memberdayakan seluruh komponen masyarakat dalam upaya penanggulangan dan penanganan karhutla.

“Dan Bapak Kapolres juga berharap peran aktif masyarakat di Kecamatan Jongkat untuk selalu bersama-sama pihak kepolisian dalam pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Karhutla,” pungkasnya. (*)

Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved