Breaking News:

Mahasiswa Untan Ciptakan Desain Produk Anti Polusi.

Dr. Eng. Ferry Hadary, ST., M.Eng, dan Tim Protilusi menciptakan desain inovasi baru yaitu produk anti polusi dari limbah kulit pisang kepok

TRIBUNPONTIANAK/Jovilasta
Tim Mahasiswa Untan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dr. Eng. Ferry Hadary, ST., M.Eng, dan Tim Protilusi menciptakan desain inovasi baru yaitu produk anti polusi dari limbah kulit pisang kepok, selasa 8 desember 2020.

Tim ini dibimbing oleh Ferry Hadary, ST., M.Eng, Dosen Universitas Tanjungpura.

Selain dosen pembimbing, mahasiswa yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan juga ikut dalam PIMNAS ke-33.

Lima mahasiswa yang tergabung dalam tim tersebut dari prodi farmasi terdiri dari tiga orang yaitu Lestia Wahyuni sebagai ketua kelompok, Vanie dan Dian Novita Sari sebagai anggota. Dari prodi teknik kimia yaitu Tivani Belanisa dan Sendi Fadrul Rahman dari prodi akuntansi.

Perjalanan dibentuknya tim program kreativitas mahasiswa kewirausahaan (PKM-K) cukup lama, sampai akhirnya Ferry Hadary menemukan sosok yang tepat untuk membimbing Tim Protilusi ini.

Protilusi ini berbentuk desain yang dibuat oleh mahasiswa serta dibimbing dosen.

Ide pembuatan produk ini untuk menghadapi masalah cuaca saat ini seperti polusi yang terjadi dilingkungan hidup. Polusi yang ditimbulkan dapat menyebabkan berbagai penyakit manusia seperti asma, bronkitis, dan emfisema.

Selain itu, limbah kulit pisang bisa dimanfaatkan secara baik, mengandung antioksidan tinggi dapat diolah menjadi karbon aktif dan Protilusi dapat mengurangi limbah kulit pisang.

Adapun desain hasil karya ramah lingkungan dari Tim Protilusi dari limbah kulit pisang kepok adalah masker berfilter, filter ventilasi, dan sabun. (Mg)

Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved