Breaking News:

Virus Corona Masuk Kalbar

Gubernur Kalbar Sutarmidji Beberkan Alasan Dua Laboratorium Swasta Uji Swab Covid-19 Harus Ditutup

Midji menerangkan uji mutu terhadap sebuah lab sangat penting karena menentukan kesehatan seseorang.

Tribun Pontianak / Anggita Putri
Gubernur Sutarmidji saat memberi sambutan pada rapat evaluasi penangan Covid-19 yang berlangsung di Aula Kodam XII Tanjungpura, Selasa 24 November 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dua laboratorium swasta di Kota Pontianak harus ditutup akibat sejumlah persoalan yang terjadi.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menerangkan dua laboratorium swasta ditutup karena masalah limbah serta akurasi tes virus corona yang masih dipertanyakan.

“Harus ditutup sementara karena maslah pembuangan limbah dan uji mutu nya mungkin belum keluar,” ucap Sutarmidji saat diwawancarai Tribun Pontianak.

Midji menerangkan uji mutu terhadap sebuah lab sangat penting karena menentukan kesehatan seseorang.

Ia mencontohkan dua lab tersebut melakukan uji swab atau pengujian sampel cairan tenggorokan seseorang, padahal sebelumnya orang tersebut sudah di tes di lab pemerintah dan dinyatakan positif.

Lalu yang bersangkutan melakukan swab tes di lab swasta yang sudah ditutup tersebut hasilnya negatif.

“Terus yang bersangkutan melakukan aktifitas menjangkiti rekan kerja dan dua hari kemudian hilang penciuman, kasus seperti ini ada beberapa, ini fatal,” tegas Sutarmidji.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengatakan ada dua laboratorium Swasta di Kota Pontianak yang dihentikan sementara operasionalnya, karena menyangkut mutu hasil pemeriksaan.

Ia mengatakan dari hasil pemantauan mutu eksternal atau PME oleh Balitbangkes di Jakarta hasilnya belum keluar.

Dengan hasil PME yang belum keluar ini dikawatirkan akan terjadi penanganan yang tidak tepat pada kasus konfirmasi positif maupun negatif berdasarkan hasil pemeriksaan kedua laboratorium tersebut.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Syahroni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved