Breaking News:

Pemkab Mempawah Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan Mempawah mendapatkan peringkat pertama kategori Pemerintah Kabupaten/

Penulis: Try Juliansyah | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi Saat Menerima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik, Rabu 25 November 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Komisi Informasi Kalimantan Barat (KI) menyelenggarakan penganugerahan keterbukaan informasi badan publik se- Kalimantan Barat, di Balai Petitih kantor Gubernur Kalimantan Rabu 25 November 2020. Penganugerahan tersebut sebagai reward atas komitmen daerah akan keterbukaan informasi publik.

Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan Mempawah mendapatkan peringkat pertama kategori Pemerintah Kabupaten/ Kota se- Kalimantan Barat.

"Ini berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Tim KI beberapa waktu lalu. Telah ditetapkan kualifikasi pemeringkatan dan pemberian penghargaan kepada badan publik yang tertuang dalam SK Ketua Komisi Informasi Provinsi kalimantan Barat Nomor 05/ KI.KALBAR/SK/11/2020. Dan Mempawah mendapat perolehan nilai tertinggi sebanyak 91,07 di antara 14 Kabupaten/ kota," ujar Wakil Bupati

Ia mengatakan bahwa capaian ini adalah hasil kinerja semua pihak yang terlibat.

Baca juga: Dari Zona Merah, Diskop UKM Kalbar Berhasil Duduki Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik 2020

"Saya sangat bangga dan berterima kasih sebesar-besarnya atas komitmen dan dedikasi semua OPD dalam kontribusi data, Diskominfo Kabupaten Mempawah, Pejabat Pengelola Infromasi dan Dokumentasi Kabupaten Mempawah serta pihak-pihak yang terlibat," katanya.

Ia juga berterima kasih kepada tim PPID yang sudah mendampingi Kabupaten Mempawah hingga meraih penghargaan tersebut.

"Atas nama pemerintah daerah saya juga berterima kasih atas bimbingan yang diberikan oleh Komisi informasi dan PPID Provinsi Kalimantan Barat selama ini. Kami sadar masih banyak kekurangan dalam penyampaian infromasi kepada masyarakat. Kedepan akan terus kami tingkatkan," tegasnya.

Menurutnya, Kinerja semua pihak yang terlibat merupakan bukti bahwa Kabupaten Mempawah telah melaksanakan Undang-undang keterbukaan informasi publik dengan benar.

Sementara itu Ketua Komisi infromasi Provinsi Kalbar Syarif Muhammad Herry mengatakan bahwa hasil pemeringkatan ini dilakukan dengan cara terukur, akuntabel dan transparan serta telah mendapatkan nilai untuk dikonversikan dalam kualifikasi pemeringkatan.
Ia juga mengapresiasi daerah yang berkomitmen dalam melaksanakan Undang- undang serta peraturan lainnya terkait keterbukaan infromasi publik.

"Kepada badan publik yang meraih perolehan nilai tertinggi pada masing-masing kategori saya ucapkan selamat. Selalu kedepankan keterbukaan informasi publik," pesannya.

Terdapat empat (4) kategori penetapan kualifikasi pemeringkatan.Kategori Organisasi perangkat Daerah di Lingkungan Provinsi Kalbar. Kategori pemerintah Daerah/ Kota di Kalbar. Kategori BUMD di lingkup Provinsi Kalbar. Serta kategori lembaga legislatif di Kalbar. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved