Breaking News:

Fraksi NasDem DPRD Kalbar Sepakati RPJMD Perubahan dan Usulkan Hal Ini untuk Pemerintah

Demikian juga terhadap Rencana Strategis Perangkat Daerah perlu dilakukankan penyesuaian sesuai PerMendagri Nomor 80 Tahun 2019.

TRIBUN PONTIANAK/ RIDHO PANJI PRADANA
Suasana pelaksanaan rapat paripurna dengan agenda penyampaian Nota Penjelasan Gubernur Kalimantan Barat terhadap Raperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Kalbar 2018-2023, Senin 16 November 2020. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Juri Bicara Fraksi Partai NasDem DPRD Provinsi Kalbar, Fransiskus Suwodo mengatakan jika Fraksi Partai NasDem sepakat dengan eksekutif bahwa terhadap kondisi riil tersebut diperlukan perubahan RPJMD Kalbar 2018 – 2023 khususnya yang menyangkut target capaian kinerja, dalam hal Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran Terbuka, Pengurangan Angka Kemiskinan dan lainnya.

Demikian juga terhadap Rencana Strategis Perangkat Daerah perlu dilakukankan penyesuaian sesuai PerMendagri Nomor 80 Tahun 2019.

"Fraksi Partai NasDem berpendapat bahwa Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan atas Perda nomor 2 Tahun 2019 tentang RPJMD 2018 - 2023  perlu untuk dibahas pada tahapan pembahasan selanjutnya," katanya, Selasa 17 November 2020.

Terhadap RPJMD tersebut, Fraksi Partai NasDem pun menyarankan agar Pertumbuhan Ekonomi tetap menjadi prioritas dengan tetap memperhatikan sejauh mungkin Pemerataan Pembangunan.

"Kita harus mengupayakan kebijakan dimaksud dengan cara memperbesar program atau proyek yang bersifat Padat Karya," katanya.

Baca juga: Pimpinan DPRD Kalbar Ungkap Progres APBD 2021

Termasuk juga mendistribusikan seluas mungkin anggaran Pembangunan Infrastruktur.

Kemudian mengutamakan kegiatan-kegiatan yang mempunyai daya ungkit tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Fraksi NasDem pun menyarankan agar jabaran atau breakdown Kegiatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) diusahakan lebih banyak yang berjangka pendek dibanding yang berjangka Panjang.

"Dengan saran kita berikan, kita berharap pemulihan dan kebangkitan ekonomi kita dapat lebih cepat berjalan, dan lebih dapat dirasakan oleh sebagian besar masyarakat," terangnya.

Selain itu, dikatakannya indikator yang berkaitan dengan IPM harus tetap dipacu untuk mengejar prestasi Kalbar yang berada di papan bawah.

Dalam pada itu, infrastruktur jalan dan pendidikan yang selalu menjadi imbauan tuntutan masyarakat ketika Anggota Dewan melakukan reses sepantasnya kita fikirkan pemenuhannya.

Baca juga: Sy Amin Pastikan DPRD Kalbar Tetap Kawal Pemekaran Provinsi Kapuas Raya

Meletakkan prioritas di bidang infrastruktur  jalan, disamping akan mengejar kekurangan atau ketertinggalan juga mencegah untuk tidak lebih terpuruk lagi.

"Fraksi partai NasDem ingin mengingatkan kita semua bahwa dalam usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat, pada dasarnya, kita akan selalu dihadapkan pada sumber daya yang langka atau terbatas, sementara tujuan atau hasil yang kita inginkan tidak terbatas.

Di sinilah perlunya kita bekerja keras dan cerdas dengan meletakkan di tempat tinggi efisiensi dan efektifitas," katanya. 

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved