Breaking News:

CEK FAKTA - Potensi Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa & Gempa Megathrust, BMKG Imbau Warga Tak Panik

Kajian penelitian terbaruoleh peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ini lantas menjadi viral diperbincangkan, sehingga membuat panik cemas

TRIBUNNEWS
Ilustrasi - Gempa bumi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Belakangan ini masyarakat dihebohkan dengan kabar prediksi  gempa dahsyat dan Tsunami setinggi 20 meter di pantai selatan Jawa.

Hal ini berawal dari hasil riset para peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report pekan lalu mengungkapkan adanya potensi tsunami 20 meter di selatan Pulau Jawa tersebut. 

Kajian penelitian terbaruoleh peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ini lantas menjadi viral diperbincangkan, sehingga membuat panik dan cemas sebagian masyarakat.

Namun, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), Dr Daryono menegaskan masyarakat jangan salah persepsi menyikapi kajian terbaru ini.

FAKTA Potensi Tsunami 20 Meter Selatan Jawa, Hasil Kajian Riset ITB & Saran Mitigasi Pakar Tsunami

Potensi Tsunami Ketinggian 20 Meter di Selatan Jawa Diungkap, Pakar Tsunami BPPT Angkat Bicara

Dijelaskan Daryono, kecemasan dan kepanikan publik yang sering muncul akibat adanya informasi potensi gempa megathrust tampaknya terjadi karena adanya kesalahpahaman saja.

Para ahli dalam menciptakan model potensi bencana sebenarnya ditujukan untuk acuan upaya mitigasi.

"Iya, (kajian potensi tsunami 20 meter) hanya hasil modelling," kata Daryono kepada Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Akan tetapi, diakui Daryono, sebagian masyarakat memahaminya kurang tepat, seolah bencana akan terjadi dalam waktu dekat.

Kesalahpahaman persepsi ini dianggap menjadi masalah komunikasi sains yang masih terus saja terjadi.

Sebab, hingga saat ini masih ada gap atau jurang pemisah antara kalangan para ahli dengan konsep ilmiahnya, serta masyarakat yang memiliki latar belakang dan tingkat pengetahuan yang sangat beragam.

Halaman
1234
Editor: Dhita Mutiasari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved