Breaking News:

Pimpinan DPRD Kalbar Lirik Potensi Pengembangan Nuklir untuk Listrik

Menurutnya, untuk menjadi suatu daerah industri Kalbar harus mempunyai listrik yang memadai dan satu diantaranya ialah melalui nuklir.

TRIBUN PONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Suriansyah (tengah) saat diwawancara awak media. Senin (27/4/2020) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Suriansyah mendukung pengembangan nuklir untuk listrik di Kalbar.

Menurutnya, untuk menjadi suatu daerah industri Kalbar harus mempunyai listrik yang memadai dan satu di antaranya ialah melalui nuklir.

Terlebih memang, Pemprov Kalbar telah mengusulkan raperda Rencana Umum Energi Daerah Provinsi (RUED-P) Kalbar Tahun 2020-2050.

"Terkait nuklir ini memang ada pro kontra ditengah masyarakat, ada yang setuju karena apabila kita ingin masuk industri di Kalbar kita perlu sumber listrik yang mencukupi, sedangkan sekarang ini sumber listrik kita belum mencukupi atau kualitas dan kapasitasnya kurang," katanya, Selasa (22/09/2020).

Anggota DPRD Kalbar Dorong Perguruan Tinggi Lakukan Swab Test Bagi Mahasiswa

"Sedangkan nuklir sendiri punya dilematis karena ada dampak buruk apabila terjadi kebocoran-kebocoran.

Tentu apabila PLTN yang dipilih, kita sudah harus mempersiapkan penangananya secara hati-hati dan penanggulanganya jika terjadi kebocoran," timpalnya.

Terhadap sikap masyarakat yang setuju dan tidak setuju, lanjut dia, harus ada komunikasi, dan harus ada sosialisasi.

"Kalau saya secara pribadi tidak terlalu masalah PLTN ini dikembangkan, tapi konsekuensinya memang didalam penangannya harus sangat hati-hati karena memerlukan ketelitian yang tinggi, teknologi yang tinggi, dan perlu dipersiapkan juga jika terjadi kebocoran atau misalnya rencana evakuasi dan lain sebagainya, sepanjang hal tersebut bisa dikelola saya rasa tidak masalah," katanya. 
 

--

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved