Breaking News:

Lima Anggota DPRD Provinsi Kalbar Akan di PAW, Satu Diantaranya Aron yang Maju Pilkada

Sementara satu diantara anggota lainnya yang akan di PAW karena tutup usia ialah Almarhum Bambang Ganefo.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Prabasa Anantatur 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - DPRD Provinsi Kalbar akan menggelar Pergantian Antar Waktu (PAW) lima dari 65 Anggota DPRD Provinsi Kalbar pada waktu dekat ini.

PAW tersebut dilakukan karena empat anggota DPRD Provinsi Kalbar maju dalam kontestasi Pilkada 2020. Sementara satu anggota lainnya meninggal dunia.

Keempat anggota DPRD tersebut ialah Darso, Yohanes Rumpak dan Sebastianus Darwis dari PDI Perjuangan dan Aron dari Partai Demokrat.

Sementara satu diantara anggota lainnya yang akan di PAW karena tutup usia ialah Almarhum Bambang Ganefo.

"Memang di Pilkada 2020 ini ada empat anggota DPRD Provinsi Kalbar yang maju baik sebagai Bupati dan Wakil Bupati didaerah masing-masing, selain daripada memang ada satu juga yang meninggal dunia, sehingga akan ada lima di PAW," kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Prabasa Anantatur, Jumat (4/9/2020).

"Tidak ada aturan memang untuk mengundurkan diri, namun kita kembalikan lagi pada individu masing-masing, yang jelas jika sudah ditetapkan sebagai calon Bupati atau Wakil Bupati maka anggota DPRD tersebut otomatis berhenti menjadi anggota," tambahnya.

Lebih lanjut, Sekretaris DPD Golkar Kalbar ini pun mengungkapkan akan ada prosedur pergantian setelah itu.

"Kalau untuk pergantian ini otomatis diinternal partai masing-masing, prosedurnya setelah mengajukan permohonan diri ada surat dari Partai ke KPU untuk siapa pengganti yang bersangkutan dan sesuai aturan yang ada, yang menggantikan ialah dinomor peraih suara terbanyak berikutnya, kemudian diteruskan ke Biro Pemerintahan, setelah itu baru DPRD membuat jadwal menggelar Paripurna untuk pelantikan," pungkasnya. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved