Breaking News:

Kadinkes Kalbar Sebut Akan Ada 2600 Sampel Swab yang Wajib Diperiksa di Lab Untan Pontianak

Ia menyampaikan seperti yang diketahui dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 memang yang utama harus dilakukan adalah melakukan tracing,

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Kadiskes Kalbar Harisson menghadiri penyerahan masker secara simbolis oleh Gubernur Sutarmidji kepada Ketua PKK Provinsi Kalbar dalam acara Gebrak Masker di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (17/8/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson mengatakan akan ada 2600 sampel dari 13 Kabupaten Kota yang wajib dikirim dan diperiksa di Laboratorium Untan Pontianak sesuai arahan Gubernur Kalbar.

Ia menyampaikan seperti yang diketahui dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 memang yang utama harus dilakukan adalah melakukan tracing, tasting.

Lalu hasilnya dilakukan isolasi .

“Jadi harus terus dilakukan kalau tidak kami menganggap satu zona hijau di Pemdanya karena tidak pernah melakukan tracing dan testing lagi,” ujarnya usai menghadiri penyerahan masker secara simbolis oleh Gubernur Sutarmidji kepada Ketua PKK Provinsi Kalbar dalam acara Gebrak Masker di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (17/8/2020).

Harisson: Pengusaha Warkop Jangan Lengah Membiarkan Pengunjung Tertular Covid-19

Ia menyampaikan bahwa Gubernur Kalbar sudah menekankan agar setiap minggu Kabupaten Kota harus mengirim 150 sampai 200 hasil swab testing dan tracing .

“Nanti kita test dan diuji di lab Untan.

Kemampuan Untan sendiri akan kita tingkatkan menjadi 250 sampai ke 350 dan akan terus kita tingkatkan ,” jelasnya.

Kabupaten Sintang sudah saat ini sudah punya alat RT PCR dan sudah mulai melakukan swab mandiri dengan lebih dari 200 sampel seminggu .

Kemudian Pemprov Kalbar juga mendukung terbentuknya Laboratorium PCR seperti di TNI AU, Rumkit Bayangkara , Labkesda Prov.

Tim Gabungan Polresta Pontianak Bidik Warkop yang Abai Protokol Kesehatan Covid-19

“Saat ini kita mulai swab terus dari minggu lalu dan daerah sudah mulai melaksanakan pemeriksaan swab yang didahului oleh guru dan murid.

Lalu nanti akan selang seli ke masyarakat,” jelasnya.

Sebanyak total 2600 sampel swab dari 13 kabupaten kota kecuali Sintang wajib mengirim untuk diperiksa di Lab Untan.

Selain itu, Pergub untuk menguatkan kebijakan masih di bahas.

Namun saat ini sudah mulai melakukan tapi tentu nantinya dalam testing dan tracing kasus akan tetap bertambah. 

Penulis: Anggita Putri
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved