Kesehatan

WAJIB TAHU, Turunkan Masker Hingga ke Dagu Bisa Berbahaya, Ini Penjelasan Dokter

Enggak bisa dimungkiri kalau penggunaan masker memang jadi sebuah keharusan dalam kehidupan New Normal ini.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Enggak bisa dimungkiri kalau penggunaan masker memang jadi sebuah keharusan dalam kehidupan New Normal ini.

Banyak penelitian yang mengungkapkan kalau peluang kita terpapar virus Corona bisa ditekan hingga 0,5% kalau semua orang keluar rumah menggunakan masker dengan cara yang baik dan benar, nih!

Namun kita juga enggak bisa memungkiri kalau memang masih banyak banget orang yang salah menggunakan masker.

Salah satunya adalah dengan sengaja menurunkan masker hingga ke dagu.

Dikutip dari Grid Health, kebiasaan ini memang umumnya dilakukan ketika kita ingin makan dan minum, ngobrol dengan orang lain, atau sekadar merasa pengap.

Namun ternyata, sengaja menurunkan masker ke dagu sangat enggak disarankan, karena bisa meningkatkan peluang terkena virus Corona jauh lebih besar!

Seorang dokter spesialis anestesiologi dan dosen di Yale School of Medicine, Shan Soe-Lin pun memberikan penjelasannya. 

Dilansir dari situs New York Times, Lin mengatakan bahwa masker yang telah digunakan dan diletakkan pada dagu bisa meningkatkan penyebaran virus dengan dua cara.

Cara pertama adalah virus Corona bisa menjangkit kita lewat hidung dan mulut, karena enggak tertutup masker dengan tepat.

“Ketika Anda tidak menggunakan masker dengan benar seperti diletakkan di dagu, risiko Anda untuk terinfeksi lebih besar. Terlebih jika Anda dihadapkan dengan banyak orang sehingga dengan kata lain, tidak ada gunanya menggunakan masker sejak awal,” katanya.

Halaman
12
Editor: Mirna Tribun
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved