Breaking News:

Belanja Pendidikan RI Terbesar di Dunia, 2 Kali Lipat dari Jepang dan Republik Korea

Dalam hasil kajian bertajuk Public Expenditure Review Spending for Better Result, belanja pendidikan yang besar itu tak lepas dari hasil kebijakan

Editor: Madrosid
TRIBUN/ISTIMEWA
anggaran pendidikan pada 2020 sebesar Rp 505,8 triliun. Angka ini hanya meningkat 2,7% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 492,5 triliun. Padahal, peningkatan pada 2019 mencapai 11,3% 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah terus mendorong dunia pendidikan lebih maju bahkan berupaya agar bisa setera dengan negara-negara maju.

Peningkatan itu terlihat dari sektor belanja negara untuk dunia pendidikan yang ditingkatkan secara drastis melalui kebijakan-kebijakan pemerintah.

Hal ini terbukti Bank Dunia menyampaikan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan belanja pendidikan terbesar di dunia, jika diukur sebagai proporsi dari total pengeluaran pemerintah.

Dalam hasil kajian bertajuk Public Expenditure Review Spending for Better Result, belanja pendidikan yang besar itu tak lepas dari hasil kebijakan pemerintah dalam reformasi di bidang pendidikan selama 2 dekade terakhir.

Salah satunya, yakni meningkatkan tingkat belanja pemerintah untuk pendidikan dengan mengamanatkan alokasi 20 persen dari anggaran untuk sektor ini sejak tahun 2002.

Pelaksanaan reformasi bertepatan dengan proses desentralisasi nasional sembari menghasilkan peluang agar pengambilan keputusan lebih dekat dengan pengguna layanan pendidikan.

Sekaligus menciptakan tantangan terutama yang berkaitan dengan masalah koordinasi dan kapasitas.

"Belanja pendidikan RI adalah sekitar 2 kali lipat dari negara-negara Asia Timur Maju seperti Jepang dan Republik Korea. Setara dengan Malaysia dan Singapura," kata ekonom Bank Dunia Rythia Afkar dalam konferensi video, Rabu (24/6/2020).

Namun bila belanja diukur sebagai proporsi dari Produk Domestik Bruto (PDB), belanja Indonesia di sektor ini berada di bawah negara-negara setara di kawasan.

Lembaga Pendidikan Yarsi Pontianak Miliki 24 Hak Cipta dan Dua Hak Paten

Sebagai proporsi dari PDB, belanja pendidikan RI adalah sebesar 3 persen dari PDB.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved