Kemenag Pontianak Bolehkan Gelar Resepsi Pernikahan, Tapi Ini Syaratnya

Tidak hanya itu, Syarifendi juga mengatakan untuk mengadakan acara resepsi tentu harus berada pada zona hijau yang aman dari covid-19.

TRIBUN PONTIANAK/Muhammad Rokib
Kepala Kementerian Agama Kota Pontianak, Syarifendi. -- 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kemenag Kota Pontianak, Syarifendi menyampaikan kepada masyarakat Pontianak tentang diperbolehkannya mengadakan acara resepsi pernikahan dengan syarat harus mengikuti protokol kesehatan dan harus mendapatkan izin dari tim gugus tugas covid-19 setempat, serta mendapatkan izin dari pihak kepolisian.

Tidak hanya itu, Syarifendi juga mengatakan untuk mengadakan acara resepsi tentu harus berada pada zona hijau yang aman dari covid-19.

"Apabila tidak memenuhi persyaratan tersebut KUA disetiap Kecamatan boleh menolak terhadap pelaksanaan pernikahan ataupun resepsi tersebut," ungkapnya, Rabu (24/6/2020).

Punya Harta Rp Rp 33,6 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Putra SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono

Pemkab Mempawah Gelar Rakor dan Evaluasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19

Hal itu dikatakannya sesuai edaran Menteri Agama nomor 15 tahun 2020 tentang pembukaan rumah ibadah, yang telah dijelaskan juga tentang pelayanan nikah, boleh dilaksanakan asal tidak melebihi 20 persen dari kapasitas ruangan atau tidak boleh melebihi dari 30 orang.

Sejauh ini, Syarifendi pun memastikan tidak ada perjanjian apapun antara KUA dengan para pasangan pengantin.

"Kemenag hanya menghimbau para pasangan dan pihak-pihak yang akan melaksanakan pernikahan agar tetap mengikuti protokol kesehatan atau anjuran Pemerintah," ujarnya.

Panen Padi Tri Sakti, Bupati Atbah: Satu Hektar Bisa Hasilkan 8 Ton

Hal itu tentu juha berdasarkan surat edaran Dirjen Bimas Islam Nomor. P.006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020 Tentang Pelayanan Nikah Menuju masyarakat produktif aman dari covid-19.

"Disitu dijelaskan pada poin E. ketentuan pelayanan nikah dan juga dijelaskan pada poin 6 tentang peserta prosesi akad nikah," jelasnya. 

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved