Wabah Virus Corona

KABAR BAHAGIA, Indonesia Siap Edarkan Vaksin Virus Corona, Akhir Tahun 2020 Disebarluaskan

Kabar baik kembali berembus di tengah pandemi virus corona yang telah merenggut jutaan nyawa. Belum lama ini, tersiar kabar bahwa pemerintah....

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ENDRO
Ilustrasi - KABAR BAHAGIA, Indonesia Siap Edarkan Vaksin Virus Corona, Akhir 2020 Disebarluaskan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kabar baik kembali berembus di tengah pandemi virus corona yang telah merenggut jutaan nyawa.

Belum lama ini, tersiar kabar bahwa pemerintah akan bersiap mengedarkan vaksin virus corona.

Menurut peneliti utama vaksin Covid-19 UNPAD, Prof Kusnandi Rusmil pun memperkirakan kapan vaksin corona itu bisa beredar luas dalam beberapa bulan ke depan.

Namun terlepas dari itu, rupanya ada kriteria tersendiri siapa orang pertama yang akan mendapatkan vaksin virus corona saat sudah diedarkan nantinya.

Pasalnya, ada beberapa golongan yang dinilai harus diutamakan untuk mendapat vaksin virus corona.

Menurut ahli bioetik dari Johns Hopkins University, Jonathan Moreno berpendapat vaksin ini seharusnya digunakan terlebih dahulu oleh anggota masyarakat yang termasuk dalam kategori rentan.

"Tidaklah sulit untuk mengetahui siapa kelompok golongan rentan ini. Umumnya adalah generasi tua dan orang-orang yang menderita penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi," kata Profesor Jonathan, dikutip Kompas.com.

"Dan pekerja di bidang esensial (atau penting), militer, polisi, pemadam kebakaran. Barulah setelah itu orang-orang lain."

Menurut pernyataan dari Departemen Kesehatan Australia, percakapan tentang penentuan kelompok yang diprioritaskan dan bagaimana cara menyalurkan vaksin masih berlangsung.

"Seiring bermunculannya dengan kandidat vaksin yang menjanjikan, keputusan tentang pelaksanaan program imunisasi nasional (di Australia) akan ditentukan oleh Kabinet Nasional, berdasarkan anjuran dari Komite Pimpinan Perlindungan Kesehatan Australia," bunyi pernyataan tersebut.

Halaman
123
Editor: Mirna Tribun
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved