Citizen Reporter

Resensi Buku Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi: Pancasila Sebagai Sistem Falsafah

Dalam pembukaan UUD 1945 secara formal yuridis Pancasila ditetapkan sebagai dasar Filsafat negara Republik Indonesia.

ISTIMEWA
Resensi Buku Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi: Pancasila Sebagai Sistem Falsafah 

Citizen Reporter
Putri Bianca Salsabila
Mahasiswi Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Judul Buku                  : PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI
Penulis                         : DRS. H.M. ALWI KADERI, M.Pd.I
Penerbit                       : ANTASARI PRESS
Tahun Terbit                : 2015
Penyunting                  : IQBAL NOVIAN
Jumlah Halaman          : 288

Isi yang disampaikan dalam buku ini  sangat penting bagi mahasiswa, karena tujuan dari pendidikan ini ada keterkaitan dengan tujuan nasional yaitu sama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan kualitas manusia Indonesia dengan pembentukan perilaku dan tindakan yang berdasarkan Pancasila.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pancasila sudah ada dan sudah dijalankan dalam kehidupan sejak masa kerajaan yang di aplikasi setiap elemen kehidupan mulai dari prinsip yang tersimpul dalam pandangan hidup bangsa.

Atau jati diri dari bangsa Indonesia yang di dalamnya tersimpul ciri khas, sifat, dan karakter bangsa yang berbeda dengan bangsa lain, yang oleh para pendiri negara kita di rumuskan dalam suatu rumusan yang sederhana namun mendalam, yang meliputi lima (lima sila) yang kemudian diberi nama Pancasila.

Perkembangan paham kebangsaan yang ada di butir Pancasila pada masa pra kolonial yang belum tumbuh hingga paham kebangsaan ini mulai tumbuh pada masa kolonial.

Sehingga muncul gerakan-gerakan Nasionalisme untuk menemukan dan menentukan identitas diri, serta membebaskan bangsa dari segala bentuk penindasan yang dialami selama masa tersebut.

Hingga Indonesia berada pada masa Pasca kemerdekaan yang mana pada masa ini di bagi menjadi beberapa masa yaitu masa Revolusi, masa Orde Lama, Masa Orde Baru, Masa Reformasi, dan bagaimana Pancasila berjalan menuruti perkembangan jaman.

Buku ini juga membahas Pancasila sebagai sistem falsafah dimana mengandung nilai-nilai disetiap sila saling mendukung, saling berhubungan dan saling berkaitan dalam mencapai tujuan dan ditinjau dari berbagai aspek ilmu filsafat.

Pancasila sebagai nilai dasar fundametal yang diwujudkan dalam pasal-pasal UUD 1945 menjadikan nilai universal bagi manusia dan sebagai sumber etika politik yang mengatur tingkah laku politik.

Halaman
12
Penulis: Didit Widodo
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved