Menuju New Normal, Personel Polri dan TNI di Kalbar Gelar Latihan Bersama 

Ada beberapa hal yang harus dipedomani dalam pelaksanaan ini yakni persuasif, edukatif, simpatik, dan tegas

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIVALDI ADE MUSLIADI
Jajaran personel Polri dan TNI di Kalimantan Barat saat ini sedang melaksanakan latihan bersama dalam rangka operasi pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan di era New Normal. Bertempat di Sport Center Supriyadi Kodam XII/Tanjungpura, seluruh personel yang terlibat operasi mengikuti rangkaian pelatihan, Rabu (3/6/2020). 

TRIBUNPONTAIAN.CO.ID, PONTIANAK - Jajaran personel Polri dan TNI di Kalimantan Barat saat ini sedang melaksanakan latihan bersama dalam rangka operasi pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan di era New Normal.

Bertempat di Sport Center Supriyadi Kodam XII/Tanjungpura, seluruh personel yang terlibat operasi mengikuti rangkaian pelatihan, Rabu (3/6/2020).

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go menyebutkan, saat ini Polda Kalbar sudah menjalankan operasi kontijensi bencana non alam dengan sandi Aman Nusa II yang berfokus pada penanganan wabah Covid-19 di Kalimantan Barat.

"Operasi Aman Nusa II ini sudah masuk bulan ke 4 dari pertamanya diumumkan wabah Covid-19, pada fokus operasi ke 4 ini nantinya akan berjibaku untuk mengawal era New Normal," ujar Donny.

Sudirmansyah: Pembatalan Haji 2020 Beri Banyak Waktu untuk Persiapan Haji 2021

Ia juga menyebutkan, saat ini para personel Polda Kalbar sedang melakukan pelatihan pendisiplinan pada pelaksanaan protokol kesehatan bersama jajaran Kodam XII/Tanjungpura, Lanud Supadio Pontianak dan Lantamal XII Pontianak. 

Sasaran yang ditentukan adalah tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat yakni tempat umum seperti pasar, mall, tempat ibadah, dan sarana rekreasi. Latihan ini dimaksudkan agar ketika dilapangan nantinya anggota TNI maupun Polri menerapkan satu presepsi agar pelaksanaan pendisplinan dapat berjalan lancar.

"Ada beberapa hal yang harus dipedomani dalam pelaksanaan ini yakni persuasif, edukatif, simpatik, dan tegas," tambah Donny.

Dalam pelaksanaan nantinya ditempat-tempat umum akan ada beberapa anggota yang akan melaksanakan patroli dan penjagaan, tugas anggota yang berjaga di pintu masuk yakni mengecek pengunjung yang hendak masuk kedalam pasar, mall, tempat ibadah, dan sarana rekreasi harus dicek suhu tubuh dan mancuci tangan terlebih dahulu, dan untuk tugas patroli adalah menjaga jarak antar pengunjung 1 hingga 2 meter.

"Jika terdapat pengunjung yang memiliki suhu tubuh diatas 37.5 derajat, anggota yang berjaga langsung melaporkannya kepada gugus tugas terdekat untuk ditangani lebih lanjut," tutupnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved