Virus Corona Masuk Kalbar

Hadapi Pandemi Covid-19, Bupati Mempawah Ingin ASN Jadi Garda Terdepan di Perekonomian Kerakyatan

Terlebih seluruh masyarakat diminta untuk ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini dengan cara diam di rumah atau Stay at Home.

TRIBUNPONTIANAK/TRY JULIANSYAH
Bupati Mempawah Erlina Ria Norsan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Dampak wabah Covid-19 saat ini menyerang seluruh sisi sendi kehidupan, diantaranya perekonomian yang merupakan sektor paling terdampak akibat wabah ini.

Terlebih seluruh masyarakat diminta untuk ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini dengan cara diam di rumah atau Stay at Home.

Melihat hal ini Bupati Mempawah Hj. Erlina, S.H, M.H mengeluarkan kebijakan berupa surat edaran kepada masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Mempawah untuk berbelanja di Warung/Kios Tetangga yang dikelola oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pasca 4 Orang Terkonfirmasi Positif, Pemkab Sekadau Gelar Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19

"Wabah Covid-19 ini sangat merugikan para pelaku UMKM kita, saat ini produksi dan pendapatan mereka sangat menurun drastis."

"Apalagi saat ini pemerintah meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah," ujar Bupati.

Padahal menurut Bupati pendapatan mereka tergantung dari lalu lintas dan pergerakan masyarakat.

"Maka dari itu saya keluarkan kebijakan untuk seluruh ASN Kabupaten Mempawah wajib beli barang atau belanja di warung dekat rumahnya," lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan alasan mewajibkan ASN untuk berbelanja di warung tetangga karena ASN memiliki peran penting dalam memutar roda perekonomian masyarakat bahkan dapat membantu perekonomian negara.

Ia menambahkan apabila roda perekomian pelaku UMKM tersebut berputar maka usahanya tidak akan tutup dan mereka tetap mampu memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Jika ASN yang memiliki penghasilan tetap berbelanja ke warung tetangga dapat dipastikan usaha mereka tetap berjalan, dan sudah tentu pelaku UMKM tersebut tetap dapat menghidupi dan memenuhi kebutuhan keluarganya, anak mereka tetap bisa sekolah dan sebagainya."

Halaman
12
Penulis: Try Juliansyah
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved