Ilmuan China Kembangkan Obat yang Diklaim Mampu Pecahkan Persoalan Pandemi Covid-19 di Dunia

Xie mengatakan, timnya telah bekerja "siang dan malam" mencari antibodi tersebut.

NICOLAS ASFOURI / AFP
Ilustrasi _ Ilmuan China sedang mengembangkan obat yang diklaim mampu pecahkan persoalan pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berbagai upaya terus dilakukan para peneliti dan ilmuan dari berbagai negara untuk menemukan obat atau vaksin Covid-19. 

Harapan itu terus ada. Sebuah laboratorium China dikabarkan tengah mengembangkan obat yang diyakini memiliki kekuatan untuk menghentikan pandemi Covid-19.

Seperti diketahui wabah corona memang pertama kali muncul di China, pada akhir tahun lalu.

Kondisi yang mendatangkan bencana besar bagi bumi tersebut telah mendorong banyak negara seperti berlomba untuk segera menemukan obat atau pun vaksin untuk mengatasinya.

UPDATE CORONA PONTIANAK - Zona Merah, Pasien Covid-19 Tersebar 25 Kelurahan, 3 Tertinggi, Total 74

Kini, sebuah obat yang diuji di Universitas Peking, dikabarkan tidak hanya dapat mempersingkat waktu pemulihan bagi yang terinfeksi, tetapi  juga menawarkan kekebalan jangka pendek.

Sunney Xie, Direktur Advanced Innovation Center for Genomics Beijing, mengatakan kepada Kantor Berita AFP, obat yang dia ceritakan tersebut sudah berhasil dalam tahap pengujian terhadap hewan.

“Ketika kami menyuntikkan antibodi penawar ke tikus yang terinfeksi, setelah lima hari viral load berkurang dengan faktor 2.500,” kata Xie.

"Itu berarti obat ini potensial memiliki efek terapi," kata dia.

Obat tersebut dibuat dengan menggunakan netralisasi antibodi -- diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh manusia untuk mencegah sel-sel terinfeksi virus -- yang diisolasi oleh tim Xie dari darah 60 pasien yang pulih.

Hasil penelitian yang  diterbitkan pada hari Minggu di jurnal ilmiah Cell, menunjukkan, penggunaan antibodi itu memberikan potensi "penyembuhan" untuk penyakit, dan mempersingkat waktu pemulihan.

UPDATE CORONA KALBAR - 4 Daerah Terbanyak Kasus Positif, 64 PDP Meninggal, 32 Pasien Covid-19 Sembuh

Halaman
123
Editor: Zulkifli
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved