Ramadhan 2020

Bagaimana Hukum Puasa Tapi Tidak Shalat di Bulan Ramadhan ?

Lantas, bagaimana hukum orang yang berpuasa Ramadhan tetapi tidak menjalankan ibadah shalat wajib? apakah puasanya akan tetap sah?

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ENDRO
Ilustrasi sholat 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Puasa Ramadhan memang selalu ditunggu kehadirannya oleh setiap umat Muslim di seluruh dunia.

Mereka berharap, akan mendapatkan beribu kebaikan yang berlipat ganda ketika menjalankan setiap amalan ibadah di bulan suci tersebut.

Namun, tak jarang manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang tak lepas oleh segala luputnya, sering kali lalai untuk menjalankan ibadah shalat wajib ketika di bulan Ramadhan.

Lantas, bagaimana hukum orang yang berpuasa Ramadhan tetapi tidak menjalankan ibadah shalat wajib? apakah puasanya akan tetap sah?

Tetap sah

Sejumlah santri melakukan shalat tarawih di pondok pesantren (ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (23/4/2020) malam. Salah satu ponpes terbesar se-Jawa Timur tersebut tetap menyelenggarakan shalat tarawih berjamaah di tengah pandemi COVID-19.

Sejumlah santri melakukan shalat tarawih di pondok pesantren (ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (23/4/2020) malam. Salah satu ponpes terbesar se-Jawa Timur tersebut tetap menyelenggarakan shalat tarawih berjamaah di tengah pandemi COVID-19.(ANTARA FOTO/PRASETIA FAUZANI)

Penceramah Ustaz Maulana mengatakan bahwa orang yang berpuasa tetapi tidak melakukan shalat wajib maka puasanya tetap dianggap sah.

Hal itu, kata Ustaz Maulana, dikarenakan ibadah shalat adalah ibadah tersendiri dan ibadah puasa juga ibadah tersendiri.

"Maka kalau shalat lalu tidak puasa maka shalatnya tetap sah, begitu pula kalau puasa lalu tidak shalat maka tetap sah puasanya," kata Ustaz Maulana saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/4/2020).

Halaman
123
Editor: Rizky Prabowo Rahino
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved