KAMIS PUTIH - Tata Ibadah Kamis Putih dan Link Live Streaming Misa Kamis Putih di Indonesia

Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Paskah, pada Hari Raya Pekan Suci ini umat Katolik mempunyai tradisi memperingati Perjamuan Malam terakhir.

ISTIMEWA
Misa Kamis Putih Bersama Ribuan Umat Katolik di Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Kamis (19/4/2019). KAMIS PUTIH - Tata Ibadah Kamis Putih dan Link Live Streaming Misa Kamis Putih di Indonesia termasuk Jakarta dan Kalbar. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Hari ini Kamis 9 April 2020 adalah satu di antara moment terpenting dalam kalender Gereja yakni perayaan Kamis Putih

Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Paskah, pada Hari Raya Pekan Suci ini umat Katolik mempunyai tradisi memperingati Perjamuan Malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus.

Hari Kamis Putih ini juga disebut Kamis Suci (bahasa Inggris: Holy Thursday).

Ritual Perjamuan Malam setelah ini pada setiap misa atau kebaktian diperingati sebagai perayaan Ekaristi atau Perjamuan Kudus.

Pada misa malam ini, imam mencuci kaki umat sebagai peringatan Yesus yang mencuci kaki para muridnya dalam perjamuan terakhir, pelayanan Yesus di dunia sebelum kematian-Nya.

Link Live Streaming Misa di Katedral Pontianak, Keluarga Kudus dan Sejumlah Gereja Pontianak Kalbar

Tradisi ini terus dipertahankan dan masih terus ada di setiap perayaan Kamis Putih.

Tradisi ini sekaligus menyatakan bahwa pelayanan dan cinta kasih Kristus bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani.

Makna pembasuhan kaki di hari Kamis Putih juga untuk menyatakan bahwa Kristus melayani sesama dengan rendah hati dan penuh cinta kasih.

Hal-hal baik yang bisa dipelajari dari perayaan Kamis Putih antara lain: mempelajari tentang makna pelayanan, kerendahan hati, kebersamaan, dan kesederhanaan.

Semua ini untuk memberikan pelajaran keteladanan mengenai penghormatan.

Halaman
1234
Penulis: Marlen Sitinjak
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved