Virus Corona Masuk Kalbar

Ruas Jalan Gajah Mada Ditutup, Kapolresta Komarudin: Volume Lalu Lintas Masih Tinggi

Pokoknya sampai ada imbauan pemerintah bahwa wabah ini sudah tidak ada lagi. Kalau besok wabahnya sudah tidak, maka besok akan kita buka

 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Komarudin menjelaskan bahwa penutupan Jalan Gajah Mada yang akan dimulai, Kamis (2/4/2020) mendatang.

Dilakukan penutupan itu, karena ruas jalan tersebut masih menunjukkan volume kendaraan yang melintas sangat tinggi, meskipun pemerintah telah mengimbau agar membatasi aktivitas diluar rumah untuk memutus penyebaran covid 19.

"Karena kita lihat sendiri bahwa Lokasi itu masih tinggi jumlah pengendara dan kita anggap sangat rentan terhadap penyebaran Covid-19," ujar Komarudin, setalah menggelar rapat bersama dengan Wali Kota Pontianak dan Dandim 1207/BS di Ruang Pontive Center Kantor Wali Kota Pontianak

Komarudin menjelaskan pihaknya akan mempersiapkan personel untuk melakukan penutupan akses Jalan Gajahmada yang akan dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB setiap harinya.


Komarudin juga menjelaskan jika memang penutupan tersebut belum maksimal untuk mengurangi para pengendara di jalan saat wabah covid 19 seperti sekarang ini, maka tidak menutup kemungkinan hal serupa juga akan diberlakukan pada ruas jalan lainnya.

"Untuk sampai kapan penutupan jalan tersebut kita tidak tau. Pokoknya sampai ada imbauan pemerintah bahwa wabah ini sudah tidak ada lagi. Kalau besok wabahnya sudah tidak, maka besok akan kita buka" tegas Komarudin.

Ia menambahkan dengan tidak adanya akses jalan masuk tentu akan berdampak terhadap aktivitas. Kemudian terhadap aktivitas hotel dan pertokoan di jalan tersebut untuk memilih memarkirkan kendaraan di wilayah yang tidak tertutup.

"Seluruh petugas dari dinas kesehatan, TNI, Polri dan Sat Pol PP akan di turunkan guna memastikan akses tersebut tetap tertutup pada waktu yang telah ditentukan," ujar Komarudin.

 

Bantu Keamanan Tenaga Medis, Kodam XII/Tpr Diserahkan Bantuan 100 Face Shield ke RS Antonius



Dirinya menambahkan bahwa pihaknya sangat membutuhkan kerjasama seluruh masyarakat agar mau mentaati seluruh imbauan dan anjuran dari pemerintah dalam menangani covid 19 di Kota Pontianak.

"Kita butuh kerjasama masyarakat untuk mengikuti dan mematuhi seluruh imbauan, protokol-protokol dan informasi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat," jelas Komarudin.

Wajib Terapkan Disiplin
Kapolresta Pontianak Kombes Pol Komarudin mengatakan pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan masyarakat untuk membatasi ruang gerak dalam mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19. Artinya kesadaran masyarakat semakin hari selalu meningkat.
"Kedisiplinan menjadi wajib untuk diterapkan setiap orang dalam mencegah penyebaran covid 19," ujarnya.

Ia menambahkan banyak informasi yang simpang siur beredar di media sosial, dinilai harus membuat masyarat jeli dan menyaring setiap informasi yang diterima.

FOTO: Petugas Gabungan Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan di Jalan Gajahmada Pontianak


Masyarakat diminta untuk tidak mudah mempercayai statmen orang yang tidak dalam kapasitas berbicara mengenai Covid-19.

"Masyarakat harus mempercayakan penanganan pandemi Covid-19 kepada pemerintah. Seluruh masyarakat juga diminta untuk tetap patuh terhadap himbauan yang dikeluarkan tentu akan berdampak luas," ujarnya.

"Akibat dari tidak mengindahkan himbauan akan berdampak pada masyarakat lain," imbuhnya
Untuk mengantisipasi beberapa potensi kerawanan yang timbul. Kemudian jika ada informasi yang perlu disampaikan silahkan melalui saluran yang disediakan pemerintah.

"Masyarakat diminta untuk mengikuti dan mematuhi himbauan yang telah dikeluarkan pemerintah," pungkasnya.

 
Update berita pilihan

tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved