Uskup Agung Pontianak Perpanjang Misa Tanpa Kehadiran Umat hingga 15 Mei 2020

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus memperpanjang misa tanpa kehadiran umat hingga 15 Mei 2020. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran corona

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus usai Misa Perayaan Natal di Gereja Katedral St Yosef, Jalan Pattimura, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (24/12/2018). 

PONTIANAK - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus memperpanjang misa tanpa kehadiran umat hingga 15 Mei 2020. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid - 19 atau virus corona di antara umat.

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus sudah mengeluarkan surat Surat Keputusan Nomor: 100/SKR.KAP/III/2020 tertanggal 26 Maret 2020. Dalam surat tersebut menyebutkan antara lain:

Berdasarkan Dekrit Kongregasi untuk Ibadah Suci dan Tata Tertib Sakramen, No Prot. 153/20, tertanggal 19 Maret 2020, maka Keuskupan Agung Pontianak menyampaikan keputusan-keputusan sebagi berikut:

Pada poin pertama disebutkan, mengingat masa darurat Covid-19 masih berlanjut, maka pemberlakuan Surat Himbauan Keuskupan Agung Pontianak Nomor: 99/SKR.KAP/III/2020, diperpanjang sampai dengan 15 Mei 2020.

Surat itu juga mengatur Perayaan Tri Hari Suci yang meliputi Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci hingga Minggu Paskah.

Dalam suratnya Mgr Agustinus Agus menyebutkan Misa Krisma direncanakan pada penutupan Temu Pastores se-Keuskupan pada 30 Juli 2020.

Sedangkan Kamis Putih, perayaan ini tanpa ritus pembasuhan kaki dan prosesi Sakramen Mahakudus. Sakramen Mahakudus disimpan dalam tabernakel.

Selanjutnya pada Jumat Agung, dalam Doa Umat hendaknya dipastikan adanya doa untuk orang sakit, orang meninggal, dan doa untuk orang yang hidup dalam kecemasan.

Mgr Agustinus Agus juga mengatur tentang Malam Paskah. Disebutkan, perayaan Malam Paskah tanpa penyalaan api, pemberkatan api, dan prosesi lilin Paskah. Madah Paskah tetap ditiadakan, liturgi pembabtisan baru juga ditiadakan, hanya ada pembaharuan janji baptis.

Suasana misa Paskah di Gereja Katedral Pontianak, Minggu (21/04/2019)
Suasana misa Paskah di Gereja Katedral Pontianak, Minggu (21/04/2019) (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID)

Selanjutnya untuk Minggu Paskah tetap dirayakan secara sederhana di Gereja Katedral dan pusat paroki masing-masing oleh pastor paroki.

Halaman
1234
Penulis: Stefanus Akim
Editor: Stefanus Akim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved