Corona Masuk Indonesia

GURU Besar FKUI Desak Presiden Joko Widodo Terapkan Lockdown, Beberkan 3 Alasan Krusial Karantina

lockdown atau karantina wilayah diyakini dapat memutuskan rantai penularan infeksi baik di dalam maupun di luar wilayah yang diterapkan kebijakan kara

Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia.(Shutterstock)
GURU Besar FKUI Desak Presiden Joko Widodo Terapkan Lockdown, Beberkan 3 Alasan Krusial Karantina / ILUSTRASI VIRUS CORONA DI INDONESIA 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- KEBIJAKAN lockdown, setidaknya secara selektif, dinilai sudah menjadi hal yang krusial untuk dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Indonesia. 

Terlebih, sejumlah prediksi memperkirakan angka jumlah pasien penderita Covid-19 akibat infeksi virus Corona di Indonesia jauh lebih besar dari yang terdata dan terpublikasikan saat ini. 

Lantaran itu, desakan untuk menerapkan kebijakan karantina alias lockdown itu digaungkan ke pemerintah, utamanya ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

5 Provinsi Indonesia Nol Kasus Virus Corona | UPDATE Sabtu: 1.155 Positif, 59 Sembuh & 102 Meninggal

Gagasan itu satu di antaranya datang dari Dewan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Mereka memberikan imbauan penting terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo terkait penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Dalam surat resmi yang ditujukan kepada Jokowi yang dikutip dari Kontan.co.id, FKUI menilai pemerintah harus segera melakukan local lockdown atau karantina wilayah secara selektif.

"Opsi lockdown lokal atau karantina wilayah secara selektif perlu dipertimbangkan oleh Pemerintah Indonesia, melihat upaya social distancing atau pembatasan sosial berskala besar belum secara konsisten diterapkan di masyarakat,''.

"Masih terlihat kepadatan di beberapa sarana transportasi publik, sebagian tempat wisata tetap dikunjungi, sebagian perkantoran, tempat makan, taman terbuka, dan pusat perbelanjaan tetap beraktivitas," demikian alasan yang dikemukakan Dewan Guru Besar FKUI.

AMERIKA Serikat Genting Karena Virus Corona,Tenaga Medis Mulai Kirim Sinyal S.O.S | Obat Langka

Menurut imbauan tersebut, situasi penyebaran virus corona di Indonesia bisa menjadi lebih buruk dan tidak terhindarkan dengan adanya arus mudik pada bulan Ramadan.

"Itu sebabnya, melandaikan kurva dan memperlambat proses penularan Covid-19 merupakan hal yang paling krusial karena sistem kesehatan kita saat ini belum mampu menerima beban kasus infeksi Covid-19 yang masif," papar FK UI.

Halaman
12
Editor: Ishak
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved