Virus Corona Masuk Kalbar

Wali Kota Pontianak Sampai Potong 50 Persen Perjalanan Dinas untuk Tangani Covid-19

Penanganan dari segi teknis, maupun masalah operasional dan bantuan perlindungan sosial.

Wali Kota Pontianak Sampai Potong 50 Persen Perjalanan Dinas untuk Tangani Covid-19
TRIBUN PONTIANAK/ SEPTI DWISABRINA
Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono saat diwawancara wartawan 

PONTIANAK - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menuturkan pihaknya telah melakukan pertemuan bersama bersama dengan DPRD dan Ketua Tim Anggaran untuk melakukan realokasi anggaran untuk penanganan covid-19 di Kota Pontianak, Kamis (26/3/2020)

Penanganan dari segi teknis, maupun masalah operasional dan bantuan perlindungan sosial.

Edi juga menjelaskan akan ada penghematan anggaran dari sisi perjalanan dinas.

"Perjalanan dinas di pemerintah kota Pontianak akan kita potong sebesar 50 persen. Hasil pemotongan perjalanan dinas tersebut akan digunakan untuk penanganan covid-19," ujarnya.

Selain itu Edi Kamtono juga telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk Kota Pontianak atas kasus virus corona covid-19 dengan mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 478/Dinkes/2020 tentang penetapan KLB Covid-19 di Kota Pontianak.

"Mengingat sudah ada kasus terkonfirmasi positif corona di Kota Pontianak kami menetapkan status KLB" ujarnya, Kamis (19/3/2020).

Ditetapkannya KLB Covid-19 di Kota Pontianak sebagai KLB, lanjutnya, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergi antar organisasi perangkat daerah.

"Langkah tersebut perlu segera dilakukan melihat penyebaran Covid-19 ini cenderung meningkat," ujarnya.

Menurutnya, upaya pencegahan dan penanggulangan kejadian meliputi meningkatkan koordinasi organisasi perangkat daerah, lembaga, TNI/Polri, Lembaga Swadaya Masyarakat dan organisasi masyarakat.

Untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus corona, langkah yang harus dilakukan adalah memutus mata rantai penularan dengan penatalaksanaan kasus meliputi surveilans, isolasi, isolasi mandiri dan karantina.

Halaman
12
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved