Polda Kalbar

Manfaatkan Bahan Alam, Bhabinkamtibmas Inisiatif Buat Hand Sanitizer dari Daun Sirih & Jeruk Nipis

Inisiatif ini dilatarbelakangi kelangkaan hand sanitizer di pasaran ditengaj merebaknya wabah virus corona. Jika pun ada, harganya selangit.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Brigadir Indra
Buat Hand Sanitizer: Bhabinkamtibmas Polsek Kayan Hulu, Brigadir Indra Wahyudin berinisiatif membuat Hand Sanitizer dari bahan daun sirih dan jeruk nipis. 

SINTANG - Bhabinkamtibmas Polsek Kayan Hulu, Brigadir Indra Wahyudin berinisiatif membuat Hand Sanitizer dari bahan daun sirih dan jeruk nipis.

Inisiatif ini dilatarbelakangi kelangkaan hand sanitizer di pasaran ditengaj merebaknya wabah virus corona.

Jika pun ada, harganya selangit.

Dengan berbekal hasil penelusurannya di google, Brigadir Indra Wahyudin kemudian mengetahui ada beberapa bahan alami yang bisa mencegah peredaran bakteri maupun virus salah satunya yaitu daun sirih dan jeruk nipis.

Polresta Pontianak Lakukan Berbagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona

"Setelah tahu kedua bahan alami tersebut bisa mencegah peredaran bakteri maupun virus saya semakin memperdalam lagi tentang khasiat dari daun sirih dan jeruk nipis," kata Indra, Minggu (22/3/2020).

Indra kemudian berselancar, mencari sejumlah literasi. Kemudian, dia melihat postingan Dr. Retno Sar, dari Fakultas Farmasi Universitas Ailangga (UNAIR) tentang penelitian daun sirih dan jeruk nipis dibuat hand sanitizer saat menghadapi virus flu burung dan ternyata berhasil.

Kemudian, dia da Istrinya yang punya basic tenaga kesehatan di Kecamatan Kayan Hulu lantas mencobanya membuat Hand Sanitizer.

"Ini masih diracik sama sama dengan istri. Rencananya mau saya bagikan ke masyarakat. Insyaa Allah besok diedarkan. Tahan untuk 2-3 hari

Indra Wahyudin menyebut di dalam daun sirih mengandung zat anti septik banyak banyak kandungan lainnya yang yang bermanfaat untuk memematikan kuman, meredakan nyeri, menghentikan pendarahan, mengobati luka, menggobati gangguan pernapasan dan lain - lain.

"Sedangkan jeruk nipis bersifat anti oksidan dan anti bakteri," katanya.

Halaman
12
Penulis: Agus Pujianto
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved