Human Interest Story

Untan Terapkan Kuliah Online, Dosen Ekonomi Ini Paparkan Kemudahan

Prosesnya pun disebutnya mudah, mahasiswa hanya perlu masuk ke tautan yang dibuat oleh dosen.

tribun pontianak
Djunita Permata Indah Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan 

Laporan Wartawan tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.Di, TRIBUN - Universitas Tanjungpura (Untan) beberapa hari terakhir telah meliburkan perkuliahan tatap muka, akibat merebaknya virus corona dan dua orang dinyatakan positif Covid-19.

Meskipun perkuliahan tatap muka diliburkan, namun Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak Prof Garuda Wiko.mengeluarkan kebijakan mengubah metode perkuliahan ke daring atau online, menghindari kontak langsung dan memutus rantai penularan Covid-19.

Sejak saat itu mahasiswa Untan berkuliah secara daring via aplikasi Google Hangouts Meet sejak keluarnya edaran tersebut. Melalui aplikasi dosen dan mahasiswa menjalankan proses belajar mengajar daring.

Personel Jajaran Polres Sekadau Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Berkala dari Biddokkes Polda Kalbar

IKIP-PGRI Pontianak Lakukan Upaya Pencegahan Virus Corona di Area Kampus

Satu diantara Dosen Fakultas Ekonimi dan Bisnis Untan, Djunita Permata Indah menjelaskan ia dan mahasiswanya tetap melaksanakan perkuliahan dan belajar seperti biasa namun metodenya berbeda.

Prosesnya pun disebutnya mudah, mahasiswa hanya perlu masuk ke tautan yang dibuat oleh dosen. Kemudian, perkuliahan berjalan seperti panggilan video.

Saat diwawancarai, Djunita Permata Indah baru saja menyelesaikan perkuliahan dengan mahasiswa melalui daring.

"Tidak ada kendala dalam penyampaian materi. Para mahasiswa tetap aktif tanya jawab sebagaimana kelas tatap muka biasanya, namun jaringan internet memang harus stabil dan lancar," ucap Djunita, Rabu (18/3/2020).

Diakuinya, memang beberapa mahasiswa masih ada yang bingung karena ini baru pertama kali dilaksanakan. Namun inilah yang harus dilakukan, supaya bahan ajar tidak menumpuk seiring merebaknya virus corona.

Untan disebutnya bekerjasama dengan Google. Selama masa kuliah online, mahasiswa dan dosen bisa memanfaatkan tiga aplikasi.

"Pertama, presensi daring, yang bisa diakses lewat e-learning Untan. Kedua, Google Classroom yang sudah umum dipakai, biasanya digunakan dalam pengumpulan tugas atau Ujian Tengah Sementara (UTS). Terakhir, Google Hangouts Meet," tambahnya.

Djunita menegaskan, kebijakan perkuliahan online akan berlangsung mulai 16-29 Maret 2020 atau dua pekan. 

Penulis: Syahroni
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved