Sy Abdullah Nilai Bumdes Dapat Memperkuat Perekonomian di Desa

Legislator Partai Nasdem itu menguraikan, Bumdes akan memberikan dampak bagi kemajuan desa.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, H Syarief Abdullah Alkadrie, SH MH saat menyerap aspirasi dalam rangka kunjungan kerja di luar masa persidangan II tahun 2019-2020 di Kecamatan Pemahan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Jumat (13/3/2020) sore. 

KETAPANG - Pemerintah desa didorong untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Lembaga ekonomi ini diyakini akan ikut menjadi pusat perekonomian terdekat dengan masyarakat.

Dorongan tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, H Syarief Abdullah Alkadrie, SH MH saat menyerap aspirasi dalam rangka kunjungan kerja di luar masa persidangan II tahun 2019-2020 di di Kecamatan Pemahan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Jumat (13/3/2020) sore.

Bumdes Belitama Jaya Mandiri Gelar Pelatihan Manajemen dan Akuntansi 

Reses itu digelar di kediaman salah satu tokoh masyarakat Ibnu Syarif dan dihadiri puluhan masyarakat.

"Saya mengimbau agar pemerintah desa yang belum memiliki Bumdes untuk segera dibentuk, dan lengkapi dengan Peraturan Desa (Perdes) nya serta usaha sesuai kebutuhan masyarakat desa dan ditatakelola dengan baik. Kita berharap terjadi perputaran uang hanya di desa tersebut," paparnya.

Legislator Partai Nasdem itu menguraikan, Bumdes akan memberikan dampak bagi kemajuan desa.

Desa yang memiliki usaha sendiri tentu akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, selain itu desa bisa meraih pendapatan dari usaha-usaha yang dikelola Bumdes.

"Bila Bumdes dikelola dengan baik, inovatif dan kreatif, serta usahanya benar-benar dibutuhkan masyarakat desa, kelak desa akan mendapatkan income dari keuntungan Bumdes."

"Keuntungan Bumdes ini bisa menjadi pendapatan asli desa (PAD) dan nanti selain digunakan buat pengembangan Bumdes atau membantu pembangunan desa," papar Abdullah.

Sekretaris Fraksi Partai Nasdem di MPR RI ini mengungkapkan bahwa Bumdes juga bisa membeli hasil-hasil usaha masyarakat dan kemudian memasarkannya.

"Saya yakin, Bumdes ini akan membawa dampak luarbiasa bagi perekonomian, pemberdayaan dan pembangunan masyarakat di desa," pungkasnya. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved