Polda Kalbar

Polres Landak Latih Bhabinkamtibmas Buat Cuka Kayu, Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar

Dimana ia mengklaim, cuka kayu dapat menyuburkan vegetasi tanah, sehingga membuka lahan tidak perlu pembakaran

TRIBUNPONTIANAK/ALFON PARDOSI
Tim Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) Manggala Agni Daops Pontianak yang diketuai oleh Ahmad Sarimin hadir ke Polres Landak untuk mensosialisasikan cara pembuatan Asap Cair/Cuka Kayu, Jumat (13/3/2020). 

LANDAK - Beberapa tahun belakangan ini Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) semakin sering terjadi, mengingat sebentar lagi musim kemarau berbagai upaya antisipasi pun dilakukan.

Tim Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) Manggala Agni Daops Pontianak yang diketuai oleh Ahmad Sarimin pun hadir ke Polres Landak untuk mensosialisasikan cara pembuatan Asap Cair/Cuka Kayu,  Jumat (13/3/2020).

Dimana ia mengklaim, cuka kayu dapat menyuburkan vegetasi tanah, sehingga membuka lahan tidak perlu pembakaran

Ia menjelaskan bahwa asap cair ini dibuat dengan cara membakar limbah-limbah organik hasil penebasan lahan seperti kayu, rumput dll di dalam suatu tong.

Manggala Agni Sintang Jelaskan Manfaatkan Cuka Kayu, Bisa untuk Meminimalisir Terjadinya Karhutla

Lalu asapnya didinginkan dengan cara didistilasi/disuling, sehingga menjadi cairan berwarna kecoklatan.

"Setelah itu asap cair tersebut dilarutkan dalam beberapa liter air untuk disemprotkan ke seluruh lahan yang akan ditanami tumbuhan," ujar Ahmad

"Asap cair ini multifungsi, dapat digunakan sebagai pupuk organik, anti hama, penggumpal getah, pengawet makanan, dan desinfektan," sambungnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro Ridwan SIK yang mengharapkan peran Bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikan cara PTLB kepada Masyarakat mau pun Kelompok Tani (Poktan)

"Kami tentunya berharap, selain sosialisasi dari pihak Manggala Agni, kami juga mengharapkan peran Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penggunaan asap cair yang telah dipelajari serta menginformasikan ke cakupan yang lebih luas," harap Kapolres. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved