Breaking News:

Ajak Sukseskan Sensus Penduduk 2020, Muda Mahendrawan: Akan Membantu Mengetahui Kondisi Daerah

karena akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan

Penulis: Muzammilul Abrori | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Humas Pemkab Kubu Raya.
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat memimpin Rapat Koordinasi Sensus Penduduk Tahun 2020 Kabupaten Kubu Raya di The Q Hall Qubu Resort Kubu Raya, Rabu (11/3/2020) 

KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengajak semua pihak menyukseskan Sensus Penduduk 2020. 

Muda Mahendrawan menyebutkan sensus sangat penting, karena akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan. 

Sebab itu, dirinya juga mengajak seluruh aparatur pemerintah daerah menjadi teladan dalam sensus 2020 yang dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi dalam jaringan (online). 

Hal itu dikatakan Muda Mahendrawan saat memimpin Rapat Koordinasi Sensus Penduduk Tahun 2020 Kabupaten Kubu Raya di The Q Hall Qubu Resort Kubu Raya, Rabu (11/3/2020). 

“Sensus penduduk adalah agenda yang sangat penting bagi negara khususnya Kabupaten Kubu Raya. Kenapa ini penting dan tidak hanya sekadar data? Karena untuk pemetaan terkait semua kebijakan. Apalagi Kubu Raya sebagai hinterland ibu kota provinsi yang sangat cepat mengalami mobilitas penduduk,” tutur Muda Mahendrawan.

Muda Mahendrawan mengatakan hasil sensus di Kubu Raya dapat menjadi tolak ukur dan bahan analisis.

Edi Kamtono Imbau ASN Pemkot Pontianak Unggah Data Sensus Penduduk Secara Online

Khususnya terkait fenomena migrasi yang sangat cepat di kecamatan. Sehingga bisa ditentukan perlakuan kebijakan yang tepat. 

“Mungkin treatment-nya kita bisa lakukan sejumlah formula. Misalnya di sana dikuatkan lagi badan usaha milik desanya, pemberdayaan-pemberdayaan baik perempuan maupun anak-anak muda dalam kegiatan ekonomi kreatif, wisata-wisata desa, yang kira-kira semua bisa membuat migrasinya jangan sampai terlalu cepat,” terangnya. 

Muda menilai, sensus sangat membantu dalam mengetahui kondisi daerah. Melalui sensus, tantangan yang ada dapat dideteksi. Terlebih saat ini Kubu Raya telah mulai memasuki masa bonus demografi, yakni suatu keadaan di mana tenaga kerja produktif berjumlah cukup banyak, yang mencapai puncaknya pada 2030 mendatang. 

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui kondisi eksisting penduduk dan dinamika yang ada. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved