Gelar Peringatan Hari Sampah Nasional, DLH Intensifkan Sosialisasi dan Galakkan Program 3R

Ia mengatakan di dalam memperingati HPSN di Kota Pontianak, Tinorma menyebut, sebanyak 12 kapal melakukan aksi bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas.

TRIBUNPONTIANAK/HAMDAN DARSANI
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 di Taman Alun Kapuas, Sabtu (7/3/2020). 

PONTIANAK - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, Tinorma Butarbutar mengatakan, pihaknya gencar menggalakkan program Reduce, Reuse, Recycle (3R) melalui sosialisasi dan edukasi supaya masyarakat bisa mengolah sampahnya sendiri.

Sebagaimana UU Nomor 18 tahun 2018 menyebutkan pilah dan olah sampah dari sumbernya.

"Kita satu orang memproduksi sampah setengah kilogram setiap harinya. Melalui program itu kita galakkan bagaimana supaya kita memberikan sarana bank sampah, kita fasilitasi dan melalui sosialisasi langsung ke masyarakat," ujarnya, Sabtu (7/3/2020).

Pemkab Mempawah Siapkan Lahan Baru untuk Pengelolaan Sampah

Ia mengatakan di dalam memperingati HPSN di Kota Pontianak, Tinorma menyebut, sebanyak 12 kapal melakukan aksi bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas.

Kapal-kapal tersebut terdiri dari Kapal Polairud, Angkatan Laut, Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak dan sebagainya.

"Kementerian Lingkungan Hidup tidak hanya fokus menangani sampah di darat, tetapi juga di sungai," pungkasnya. 

Siapkan Bank Sampah Mini

Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak selalu berupaya meningkatkan kebersihan kota dengan menambah sarana dan prasarana dalam mengelola sampah secara lebih efektif.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meminta di setiap sekolah maupun perkantoran disediakan bank sampah mini.

Demikian pula masyarakat di setiap kelurahan juga harus memiliki bank sampah.

Halaman
123
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved