WASPADA, Orang Terinfeksi Virus Corona Semakin Sulit Dideteksi, Menularkan Tanpa Gejala

Namun, fakta terbaru menunjukkan bahwa seseorang bisa saja menularkan virus ini meski tidak menunjukkan gejala tersebut.

KOLASE/Istimewa/ eva.vn
WASPADA, Orang Terinfeksi Virus Corona Semakin Sulit Dideteksi, Menularkan Tanpa Gejala. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Selama ini batuk dan demam merupakan gejala yang menjadi patokan masyarakat untuk mendeteksi infeksi virus corona.

Namun, fakta terbaru menunjukkan bahwa seseorang bisa saja menularkan virus ini meski tidak menunjukkan gejala tersebut.

Melansir Businessinsider.sg (25/2/2020), peneliti China telah mengonfirmasi sebuah kasus penularan virus corona atau Covid-19 yang terjadi tanpa gejala.

Yaitu seorang wanita berusia 20 tahun dari Wuhan yang tidak pernah sakit secara fisik, namun kemudian menularkan virus corona ke lima anggota keluarganya.

Studi kasus yang dirilis minggu lalu menjadi bukti pertama bahwa seseorang yang tidak menunjukkan gejala dapat menularkan virus corona kepada orang lain.

Fakta tersebut sontak membuat penanggulangan wabah ini akan semakin sulit.

Penularan asimptomatik (tanpa gejala) yang terjadi pada wanita tersebut menjadi keanehan, namun para ahli kesehatan telah mendokumentasikan contoh lain kasus serupa.

Bukan hanya di China, kasus penularan asimptomatik juga terjadi di negara lain.

Cegah Wabah Virus Corona, Arab Saudi Umumkan Tutup Pintu Umrah di Mekah

Terkait kasus wanita berusia 20 tahun di Wuhan, peneliti telah melakukan isolasi dan pengamatan dengan cermat kepadanya di Rumah Sakit rakyat Kelima Anyang.

Ditemukan bahwa wanita ini tidak pernah sakit secara fisik, bahkan setelah anggota keluarganya menderita demam.

Halaman
123
Editor: Mirna Tribun
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved