2020 Dinas Pertanian Tanam Ubi Kayu di Lahan 270 Hektare

Dari anggaran Rp 5,3 miliar, adalah dinyatakannya persiapan lahan, sarana pendukungnya, penyiapan stek dan proses penanaman termasuk pupuk.

2020 Dinas Pertanian Tanam Ubi Kayu di Lahan 270 Hektare
NET
Ubi kayu

KAPUAS HULU - Kabid Tanaman Pangan dan Horti Kultura pada Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu menyatakan, M. Sudirman menyatakan tahun 2020 Pemkab Kapuas Hulu sudah menganggarkan dana sebesar Rp5,3 miliar untuk menanamkan ubi kayu dilahan seluas 270 Hektare, di Kecamatan Jongkong dan Selimbau.

"Dari anggaran Rp 5,3 miliar, adalah dinyatakannya persiapan lahan, sarana pendukungnya, penyiapan stek dan proses penanaman termasuk pupuk. Kemudian pengadaan mesin pengolah tepung, tempat penjemuran serta rumah mesin pengolah tepung dan sarana pendukung pasca panen," ujar Sudirman, Senin (24/2/2020).

Sudirman menjelaskan, untuk bibit ubi kayu hasil kebun interes, pada Januari 2020 kemarin sudah dilakukan penglabelan.

Diduga Hirup Gas Beracun, Zainal Tewas Dalam Sumur Sedalam 13 Meter

"Terus lahan 270 hektare untuk jumlah benih ubi yang mesti tertanam dilahan tersebut harus mencapai 1.980.990 stek," ucap Sudirman.

Dalam hal tersebut, Dinas Pertanian dan Panggan Kapuas Hulu telah melaksanakan penanaman kebun interes untuk menyiapkan stek yang akan ditanam demi memenuhi 270 hektare.

"Kita sudah melakukan penanaman sebanyak 80 ribu stek di tahap pertama dan tahap kedua juga berjumlah 80 ribu. Penanaman kebun interes ini akan terus dilakukan di Sukamaju Mentebah," ujar Sudirman.

Kemudian, jelasnya untuk pengerjaan pengembangan ubi kayu ini, bagi penyedia jasa yang berminat untuk mendapatkan paket pekerjaan ini tentu harus melalui proses lelang.

"Sejauh ini kami masih melakukan proses konsultan perencanaan, dan sedang menyelesaikan rekayasa lapangan dan tinggal menunggu dokumen perencanaan dan selanjutnya pada akhir Maret nanti baru diusulkan ke ULP untuk proses pelelangan," ungkap Sudirman.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved