Pesan Deputi Gubernur BI ke Agus Chusaini untuk Bantu Dongkrak Ekonomi Kalbar

Revisi prakiraan ini terutama karena pengaruh jangka pendek tertahannya prospek pemulihan ekonomi dunia pasca meluasnya Covid-19 (virus corona baru)

Pesan Deputi Gubernur BI ke Agus Chusaini untuk Bantu Dongkrak Ekonomi Kalbar
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng bersalaman dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat Agus Chusaini di upacara pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat, Jumat (21/2/2020). 

PONTIANAK - Bank Indonesia menggelar upacara pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat, Jumat (21/2/2020).

Kepala Perwakilan BI Kalbar yang sebelumnya dijabat oleh Prijono resmi digantikan oleh Agus Chusaini yang sebelumnya merupakan Kepala Perwakilan BI Purwokerto.

Sementara Prijono kini resmi menjabat Kepala Group Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Kantor Pusat Bank Indonesia.

Pisah Sambut Pimpinan BI, Sutarmidji Puji Kinerja Bank Indonesia Majukan UMKM

Agus Chusaini Jabat Kepala Perwakilan BI Kalimantan Barat

Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng yang hadir di Pontianak berharap Agus Chusaini melanjutkan prestasi yang ditorehkan pimpinan sebelumnya untuk berkontribusi bagi Kalimantan Barat (Kalbar).

“Saya lihat Gubernur sangat familiar dengan pengelolaan inflasi. Ini bagus sekali untuk menjaga agar inflasi kita tetap stabil. Dan harus bersama-sama,” ucapnya.

Dia menjelaskan tekanan eksternal pada ekonomi Indonesia mulai terasa. Satu di antaranya karena dampak virus Corona.

BI telah memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 menjadi 5 persen hingga 5,4 persen dari prakiraan sebelumnya 5,1 persen sampai 5,5 persen.

Revisi prakiraan ini terutama karena pengaruh jangka pendek tertahannya prospek pemulihan ekonomi dunia pasca meluasnya Covid-19 (virus corona baru), yang mempengaruhi perekonomian Indonesia melalui jalur pariwisata, perdagangan, dan investasi.

Oleh karena itu, lanjut Sugeng, mengarapkan Agus Chusaini bersama pemerintah daerah konsen mencari sumber pertumbuhan ekonomi baru yang bisa berkontribusi menggerakan ekonomi Kalbar.

“Pesan saya ke Pak Agus harus lebih akrab dengan Gubernur dengan Pemerintah Daerah. Saya yakin pariwisata di Kalbar bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi. Saya lihat ada Sungai Kapuas ini sangat bagus jika ditata, dirawat,” sampainya.

Sekedar informasi, Kalbar pada 2019 mampu tumbuh di angka 5 persen.

Kepala Perwakilan BI Kalbar, Agus Chusaini menyetujui bahwa pariwisata Kalbar sangat potensial dikembangkan dan menjadi sumber ekonomi baru.

Spesial lagi, Kalbar memiliki pintu perbatasan dengan Malaysia.

Ketua DPRD Sintang Harap Tersedia Wisata Kuliner di Atas Bidar Pelangi Jubair

Live-Action Mulan Dapatkan Rating PG-13, Yuk Kita Simak

“Saya kemarin diajak ke PLBN Aruk ini bisa untuk menjadi pusat ekonomi. Kita diundang dalam rangka apa saja yang bisa dilakukan para stakeholder untuk megaktifkan PLBN ini. Ini artinya kita lihat pemda sangat konsen pada masalah lintas batas. Dampaknya juga pada pariwisata di sana yang bisa digalakkan,” kata Agus.

Dia menyampaikan sudah menjalin komunikasi dengan pemda dalam hal mencari tahu apa saja yang diperlukan dan dorongan yang bisa diberikan BI terhadap hal tersebut.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved