238 WNI Bebas dari Virus Corona Dipulangkan, Diskes Kalbar Minta Warga Tak Khawatir 

Hari ini mereka dipulangkan ke Jakarta, untuk selanjutnya boleh pulang ke rumah masing-masing

TRIBUN PONTIANAK/ ANGGITA PUTRI
Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harrison 

PONTIANAK - Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah selesai diobservasi kesehatannya di Natuna usai kembali dari lokasi terdampak virus corona di Provinsi Hubei, China telah sampai di Jakarta pada Sabtu (15/2/2020).

Selanjutnya mereka akan pulang ke kampung halamannya masing-masing, di sejumlah provinsi di Indonesia.

Kementerian Kesehatan mengungkapkan setidaknya ada 30 pemerintah provinsi yang akan menjemput warganya di Jakarta.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, dr Harisson MKes, memastikan bahwa Pemprov Kalbar tidak termasuk provinsi yang akan melakukan penjemputan.

"Hari ini mereka dipulangkan ke Jakarta, untuk selanjutnya boleh pulang ke rumah masing-masing," ujar Harisson.

Virus Corona Merebak, Manulife Beri Perlindungan Menyeluruh ke Nasabah

Harisson mengatakan ada empat orang warga Kalbar, di antara 238 WNI yang diobservasi di Natuna. Harisson menyebut keempatnya berstatus mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Tiongkok. Ia memastikan para mahasiswa itu sehat, tidak terjangkit virus corona.

"Mereka itu orang yang sehat, dan tidak ada risiko apa-apalagi. Mereka dipulangkan dari Natuna ke Jakarta. Selanjutnya terserah mereka kapan mau pulang, yang jelas biaya transport mereka ditanggung pemerintah," katanya.

Setelah tiba di Jakarta, keempat mahasiswa itu dipersilakan melanjutkan tujuannya masing-masing baik akan pulang ke Kalbar atau tujuan lainnya.

"Tidak perlu ada tim penjemputan atau dijemput, kan orang sehat. Mereka ini kuliah di Tiongkok, jangankan pulang ke rumah masing-masing, jalan-jalan keliling dunia pun mereka bisa," ujar Harisson.

Terkait biaya kepulangan mereka ke Kalbar, Harisson memastikan sudah ditanggung pemerintah pusat. Namun Harisson tidak mengetahui kapan keempat mahasiswa itu akan pulang.

Halaman
1234
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved