Pemkab Kubu Raya Pangkas Anggaran Dinilai Konsumtif, Muda Mahendrawan: Tentukan Skala Prioritas

Sehingga kita harus tentukan skala prioritas, mana saja yang mempunya dampak dalam peningkatan kualitas, harus secara terukur kita lakukan,

TRIBUN PONTIANAK/ SEPTI DWISABRINA
Bupati Muda Mahendrawan saat memberi kata sambutan 

KUBU RAYA - Bupati Muda Mahendrawan menegaskan, Pemkab Kubu Raya sudah melakukan pengefisienan anggaran dalam RAPBD.

Hal itu dilakukan sesuai dengan  intruksi presiden Joko Widodo bahwa setiap lembaga instansi harus menggunakan anggaran seefisien mungkin dan mengurangi belanja-belanja yang tidak produktif.

"Kita sudah tahu, namanya anggaran sudah pasti kurang. Sehingga kita harus tentukan skala prioritas, mana saja yang mempunya dampak dalam peningkatan kualitas, harus secara terukur kita lakukan," jelas Muda Mahendrawan, Kamis (6/2/2020)

Muda bahkan membeberkan, contoh-contoh prioritas pemerintah, yakni putus sekolah, kemiskinan, peluang kerja, kesehatan dan lainnya.

Selain itu, satu di antara cara dalam efisien anggaran adalah dengan membeli produk UMKM masyarakat dan menyediakan galeri sebagai fasilitas usaha masyarakat Kubu Raya.

"Pemerintah dulu yang harus memulai, ini sebagai bukti peran kita. Tahun 2009 sudah pernah ada dan sekarang kita hidupkan lagi," pungkas Muda Mahendrawan.

Anggaran Renovasi Pasar Barito Sanggau Capai Rp 3,5 Miliar Bersumber dari DAK

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Kubu Raya,  Gunawan Putra memastikan tahun 2020 ini akan memangkas tiga anggaran yang dianggap komsumtif.

"Ini adalah upaya kita merasionalkan anggaran tahun ini. Karena kebutuhan kita ini sangat banyak. Sehingga belanja-belanja yang konsumtif inikan tidak bersentuhan dengan pelayanan publik, harus kita rasionalkan. Namun tentu secara terukur," tegas Kepala BPKD Kubu Raya, Gunawan Putra.

Adapun tiga anggaran tersebut, honorarium non PNS sebelumnya Rp 7 miliar kini menjadi Rp 6 miliar.

Kemudian makan dan minum, sebelumnya Rp 34 miliar kini pangkas menjadi Rp 24 miliar.

Halaman
12
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved