Cegah Korsleting Listrik, PLN UP3 Sanggau Ajak Warga Peduli Instalasi Listrik di Rumah

Menurutnya, ada beberapa faktor penyebab terjadinya korsleting listrik, seperti kabel instalasi yang sudah terlalu lama, sambungan listrik

Cegah Korsleting Listrik, PLN UP3 Sanggau Ajak Warga Peduli Instalasi Listrik di Rumah
IST
Stiker ajakan untuk peduliĀ instalasiĀ  listrik di rumah 

SANGGAU - Untuk mengurangi resiko terjadinya hubungan pendek arus listrik (korsleting), Manager PLN UP3 Sanggau, Gurit Bagaskoro, mengajak warga lebih peduli untuk memeriksa dan memperbaiki instalasi  listrik di rumah. 

Menurutnya, ada beberapa faktor penyebab terjadinya korsleting listrik, seperti kabel instalasi yang sudah terlalu lama, sambungan listrik yang bertumpuk-tumpuk dan pemasangan instalasi yang kurang baik. 

“Pelanggan wajib melakukan pemeriksaan instalasi listrik secara berkala melalui Lembaga Inspeksi Listrik (LIT) resmi. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa instalasi listrik yang terpasang di rumah masih dalam kondisi yang baik dan layak untuk dialiri listrik,"katanya melalui rilisnya, Jumat (24/1/2020).

Dikatakanya, instalasi listrik yang terpasang di rumah pelanggan memang sudah menjadi tanggung jawab pelanggan atau pemilik rumah. 

Potret Pendidikan Sekolah di Daerah Pedalaman Kalbar, Atap Terpal, Dinding Bambu dan Lantai Tanah

Sementara itu, Kepala Cabang Serkolinas Sanggau, Budi Yanuardi menambahkan, Instalasi terpasang pada bangunan adalah merupakan tanggung jawab pemilik bangunan yang pengerjaanya dilakukan oleh Lembaga Inspeksi Teknis Tenaga Listrik Tegangan Rendah seperti Serkolinas atau yang lainnya.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah instalasi terpasang sudah sesuai dengan standard yang berlaku, yaitu sesuai Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) dan Standard PLN.

Apabila terjadi hubungan pendek arus listrik (Korsleting), segera hubungi pemadam kebakaran dan contact center PLN (Kode Area) 123. Selain itu diimbau juga kepada masyarakat untuk memiliki alat pemadam api ringan dan tak lupa untuk segera putuskan aliran listrik dengan mematikannya secara langsung dari sekring rumah. “Jika listrik dirumah aman, maka potensi korsleting listrik dapat diminimalisi, "ujar Gurit.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved