Komisi II Sebut Akan Siapkan Payung Hukum Jika Kalbar Jadi Pilot Project Aspal dari Karet

"Selain daripada memberikan ketahanan terhadap kualitas aspal, juga memberikan dampak positif harga karet pada petani," katanya

Komisi II Sebut Akan Siapkan Payung Hukum Jika Kalbar Jadi Pilot Project Aspal dari Karet
TRIBUNPONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Anggota Fraksi PKB dari Partai Hanura DPRD Kalbar, Suib. 

PONTIANAK - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalbar, Suib menyambut baik dorongan komisi IV DPRD Kalbar agar Kalbar dapat menjadi pilot project penggunaan aspal dari karet.

"Hasil informasi dari berbagai sumber, aspal karet memang lebih kuat daripada aspal pada umumnya, cuma memang produksinya dan biayanya lebih mahal, tapi dengan kapasitas kurang lebih pertahun memproduksi 200 ton pertahun, saya rasa kita bisa membuat pabrik pengolahan karet menjadi aspal," katanya, Kamis (23/01/2020).

Namun, untuk pabrik itu, kata Suib, jika difasilitasi pemerintah akan berhadapan dengan anggaran, namun jika dengan mengandeng investor komisi II sangatlah mendukung.

"Selain daripada memberikan ketahanan terhadap kualitas aspal, juga memberikan dampak positif harga karet pada petani," katanya.

Ruas Jalan Sintang-Semubuk Sepanjang 58.7 Kilometer akan Diaspal 

Bahkan, lanjut dia, jika ada produksinya karet menjadi aspal, juga menjadi peluang untuk menarik pasaran dari seluruh Kalimantan.

"Dari sisi payung hukum perlu regulasi, asal pemerintah siap, kita dari komisi II siap untuk mempersiapkan payung hukumnya, terlepas dari perda inisiatif atau pemerintah sendiri," imbuhnya.

Lebih lanjut, program aspal dari karet inu harus menjadi inovasi kedepan dari Pemprov Kalbar.

"Intinya bagi komisi II, dapat berdampak positif dan ini satu diantara inovasi yang harus jadi target kedepannya karena posisinya bagus dan positif untuk masyarakat," pungkasnya.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved