Apkasindo Dorong Petani Kelapa Sawit di Kalbar Miliki Pabrik Mini

Diakuinya memang petani sawit khususnya swadaya masih bergantung kepada perusahaan besar, karena tidak mempunyai pabrik olahan tersebut.

Net
Ilustrasi petani sawit 

PONTIANAK - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kalimantan Barat mendorong setiap petani sawit di Kalimantan Barat untuk memiliki pabrik mini, pengolahan buah sawit.

Hal ini untuk mengurangi ketergantungan petani sawit kepada perusahaan besar.

Ketum DPW Apkasindo Kalbar Samuel, mengatakan ini menjadi satu diantara program pihaknya di 2020 dalam rangka membantu petani swadaya menjadi menjadi benar-benar mandiri.

"Jadi kita data kebun mereka, minimal 2 hektare, kita bantu mereka mendirikan pabrik dan mengolah sawit mereka menjadi CPO, dan nanti langsung diolah menjadi B30. Ini salah satu program jangka panjang kita," ujarnya Kamis (16/1/2020).

Sekda Kalbar Berharap Keberadaan Apkasindo Benahi Problem Petani Sawit

Diakuinya memang petani sawit khususnya swadaya masih bergantung kepada perusahaan besar, karena tidak mempunyai pabrik olahan tersebut.

"Makanya kita ingin petani swadaya benar-benar mandiri. Jadi seperti saya umpamakan kalau Apkasindo dulu menjadi janin, menjadi bayi dan sekarang menjadi anak-anak dan saya akan buat menjadi dewasa bahkan bisa terbang," ujarnya

Saat ini, menurutnya untuk pabrik mini pengolahan CPO misalnya masih terbatas hanya dimiliki oleh investor dan belum dimiliki petani swadaya.

Adapaun beberapa program jangka pendek pasca dikukuhkan, ke depan Apkasindo akan melaksanakan penguatan kelembagaan di seluruh Kabupaten, dan membentuk unit dikecamatan untuk mendata petani baik plasma maupun mandiri dan dibuatkan Kartu Tanda Anggota (KTA).

"Kita akan bangun kerja sama dengan berbagai pihak agar petani mampu membangun dan mengelola kebun mandiri," ujarnya.

Untuk menuju itu pihaknya juga sudah menjalin kerja sama diantaranya dengan Bank Sinarmas. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Zulkifli
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved