Pemkab Rancang Perbup Tentang Jaringan Informasi Geospasial, Ini Tujuannya

"Selain itu juga yaitu, terjaminnya ketersediaan data yang berkaitan dengan informasi geospasial daerah.

Pemkab Rancang Perbup Tentang Jaringan Informasi Geospasial, Ini Tujuannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Budi Prasetyo saat membuka acara seminar dan rapat tahunan Forum-HOB di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu beberapa waktu lalu. 

KAPUAS HULU -Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, dan Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional. 

Kabid Perencanaan Fisik Prasarana dan Pengembangan Wilayah BAPPEDA Kabupaten Kapuas Hulu, Budi Prasetyo menyatakan, kalau Pemerintah Daerah Kapuas Hulu akan telah menyusun rancangan Perbup tentang simpul jaringan Informasi Geospasial.

"Penyelenggaraan simpul jaringan informasi geospasial merupakan sebagai dasar dan informasi geospasial, sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan, monitoring, evaluasi dan tindaklanjut program, yang diterjemahkan ke dalam geoportal aplikasi berbasis web," ujar Budi Prasetyo, Minggu (1/12/2018).

Nurhadianto Pimpin Pemuda Muhammadiyah Kalbar, Ini Programnya

Budi menjelaskan, rencana Perbup tentang penyelenggaraan simpul jaringan informasi geospasial, bisa mendukung percepatan pelaksanaan kebijakan satu peta, satu data sesuai Perpres No. 09 Tahun 2016 dan Perpres No. 39 tahun 2019.

"Selain itu juga yaitu, terjaminnya ketersediaan data yang berkaitan dengan informasi geospasial daerah. Kemudian, rerselenggara koordinasi, dan pelaksanaan norma, peraturan, pedoman dan standar pembangunan serta pemanfaatan data spasial," ucap Budi Prasetyo.

Terus kata Budi, yaitu terwujudnya fasilitasi, pengumpulan, pertukaran, dan penyebarluasan data spasial antara instansi pemerintah dan non pemerintah.

"Pastinya tujuan dilakukan kegiatan tersebut, adalah untuk mensosialisasikan pentingnya data, dan informasi geospasial," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved