Citizen Reporter

Kemacetan di Jakarta dan Pontianak Hampir Sama

Sehingga proses pengantaran pelajar kerumah tidaklah membutuhkan waktu yang lama.

Kemacetan di Jakarta dan Pontianak Hampir Sama
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Mahasiswa, Muhammad Ridzal Maulana 

Citizen Reporter

Mahasiswa Universitas Tanjungpura,fakultas Fisip,prodi Ilmu Administrasi Publik, Muhammad Ridzal Maulana

PONTIANAK - Kemacetan merupakan suatu kondisi tidak lancarnya arus lalu  lintas, yang menimbulkan banyaknya kerugian dari berbagai pihak, seperti halnya kemacetan disejumlah titik di Kota Pontianak, seperti di jalur jembatan kapuas satu, jembatan kapuas dua, hingga jembatan landak,yang hampir setiap harinya mengalami kemacetan.

Apalagi disaat jam berangkat dan pulang sekolah, kemacetan Kota Pontianak hampir sama dengan kemacetan di DKI Jakarta.

Kemacetan ini merupakan akibat dari beberapa faktor penyebab, diantara faktor penyebabnya  adalah kurangnya infrastruktur, seperti kurangnya jumlah jembatan yang menjadi infrastruktur vital, dan transportasi angkutan umum yang kurang memadai, seperti oplet-oplet yang kita lihat di Kota Pontianak, yang hanya beroperasi diberbagai kecamatan tertentu  saja.

Belum lagi kondisi opletnya yang sudah tua, dan bentuknya yang sudah tidak moderen, catnya sudah terkelupas, rawan mogok, sehingga rata-rata warga Kota Pontianak dalam melakukan segala aktivitas lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Waspada! Beberapa Daerah Berpotensi Hujan dan Angin Kencang

Apalagi zaman sekarang masyarakat dapat dengan mudah membeli kendaraan secara kredit dengan uang muka yang sedikit, sehingga jalan-jalan di Kota Pontianak menjadi padat oleh kendaraan pribadi yang dimiliki masyarakat.

Aktifkan Kembali Transportasi Massal

Pada tahun ini, pemerintah Kota Pontianak kembali mendapatkan lima unit Bus Rapid Transit (BRT) bantuan dari Kementrian Perhubungan RI yang menggenapkan jumlah Bus Trans Pontianak menjadi 10 unit.

Karena tahun sebelumnya Pemkot juga mendapat lima unit yang sama dari pemerintah pusat.

Halaman
123
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved