Gebrakan Diskes Kalbar Cegah Stunting, Buat Aplikasi Bunga Nakita Pantau Anak Lewat Android

Menurut Kadis Kesehatan Kalbar, Harrison pelibatan peran masyarakat khususnya organisasi perempuan di Kalbar dinilai sangat penting.

Gebrakan Diskes Kalbar Cegah Stunting, Buat Aplikasi Bunga Nakita Pantau Anak Lewat Android
tribun pontianak
SEMINAR - Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menyalami peserta Seminar Advokasi dan Aksi Nyata dalam Peningkatan Peran Perempuan Mencegah Stunting untuk Ketahanan Keluarga di Aula Balai Diklat Keuangan Pontianak di Kabupaten Kubu Raya, Kamis (2/5). 

PONTIANAK - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat membuat gebrakan di bidang kesehatan.

Yakni dengan meluncurkan aplikasi berbasis android yang diberi nama Aplikasi Bunga Nakita (Tumbuh Kembang Anak Kita).

Peluncuran aplikasi yang bersamaan dengan seminar bertema ‘Pentingnya Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Menuju Generasi Sehat Indonesia Unggul’ tersebut diselenggarakan di Hotel Mahkota Pontianak, Senin (25/11).

Kegiatan dibuka langsung Gubernur Kalbar, H Sutarmidji dan dihadiri oleh para organisasi perempuan di Kalbar, beserta Organisasi Perangkat daerah (OPD) Kalbar.

Menurut Kadis Kesehatan Kalbar, Harrison pelibatan peran masyarakat khususnya organisasi perempuan di Kalbar dinilai sangat penting.

Tiga Prodi Mahasiswa Stikara Sintang Akan Diterjunkan Bantu Pemerintah Atasi Stunting

Perempuan, kata dia menjadi kunci dalam upaya untuk menurunkan angka prevalansi anak balita pendek atau stunting di Indonesia, terutama di Kalbar.

Melalui pendekatan 3P (Peduli, Pahami dan Partisipasi), Diskes Kalbar juga mendorong para remaja perempuan lebih aktif dalam upaya mencegah terjadinya stunting akibat kurang gizi.

“Pak Gubernur telah menginstruksikan jajaran Dinas Kesehatan Kalbar tak hanya melibatkan OPD terkait, melainkan juga melibatkan organisasi perempuan seperti Tim Penggerak PKK, Gabungan Organisasi Wanita, Persit, Bhayangkari, Aisyiyah Muhammadiyah, Muslimat NU, Wanita Katolik, dan organisasi wanita lainnya,” tutur Harrison usai launching aplikasi Bunga Nakita (Tumbuh Kembang Anak Kita).

Harrison mengatakan, melibatkan masyarakat melalui organisasi perempuan untuk menekan angka dinilainya sangat tepat dan penting, karena menyiapkan generasi Kalbar yang lebih sehat.

Selain mengajak masyarakat terlibat aktif, pihaknya juga melakukan inovasi dengan memadukan pemanfaatan teknologi berbasis aplikasi android.

Halaman
123
Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved